Peningkatan hasil belajar materi mengidentifikasi kegiatan ekonomi melalui model pair check di kelas IV SDN Kedawung 01 Kabupaten Blitar / Rita Ratna Dila - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar materi mengidentifikasi kegiatan ekonomi melalui model pair check di kelas IV SDN Kedawung 01 Kabupaten Blitar / Rita Ratna Dila

Dila, Rita Ratna (2019) Peningkatan hasil belajar materi mengidentifikasi kegiatan ekonomi melalui model pair check di kelas IV SDN Kedawung 01 Kabupaten Blitar / Rita Ratna Dila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dila Rita Ratna. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Materi Mengidentifikasi Kegiatan Ekonomi Melalui Model Pair Check di Kelas IV SDN Kedawung 01 Kabupaten Blitar. Skripsi S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Alif Mudiono M.Pd (II) Suminah S.Pd. M.Pd Kata Kunci hasil belajar mengidentifikasi kegiatan ekonomi model pair check. Hasil observasi yang dilakukan terhadap pembelajaran muatan IPS pada siswa kelas IV SDN Kedawung 01 Kabupaten Blitar yaitu (1) pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan penugasan (2) siswa belum aktif dalam kegiatan kelompok maupun individu (3) kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling memberikan penilaian terhadap pekerjaan siswa lain (4) minat siswa kurang dalam menggali informasi yang berkaitan dengan materi (5) kurangnya motivasi tanggung jawab komunikasi dan kedisiplinan siswa (6) guru jarang menggunakan media untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPS yaitu 17 (61%) dari 28 siswa nilainya belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 8805 75. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan mendiskripsikan penerapan model pair check dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi mengidentifikasi kegiatan ekonomi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan 2 siklus setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian dengan menerapkan model pair check diperoleh hasil peningkatan pada aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Siklus I aktivitas guru sebesar 83% dan siklus II meningkat menjadi 99%. Aktivitas siswa siklus I sebesar 71% dan siklus II meningkat menjadi 82%. Sedangkan hasil belajar siswa aspek pengetahuan siklus I sebesar 61% dan siklus II meningkat menjadi 93%. Hasil belajar aspek sikap siklus I sikap yang sering muncul adalah tanggung jawab dan siklus II sikap yang sering muncul adalah disiplin dan tanggung jawab. Hasil belajar siswa aspek keterampilan mengalami peningkatan yaitu siswa dapat memberikan penilaian terhadap 6 jawaban siswa dan menyajikan hasil diskusi dengan berani suara lantang isi yang disampaikan jelas dan tepat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pair check dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi mengidentifikasi kegiatan ekonomi siswa kelas IV SDN Kedawung 01 Kabupaten Blitar. Oleh sebab itu disarankan untuk guru menciptakan kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan kesan yang bermakna dengan menggunakan model pembelajaran yang variatif dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa melalui kegiatan kelompok maupun individu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7031

Actions (login required)

View Item View Item