Analisis pendidikan karakter melalui pembelajaran membaca Al-Qur'an Metode Ummi jilid 4 pada siswa kelas III di SDN Rampal Celaket 1 Kota Malang / Nur Khafida Ardiana

Ardiana, Nur Khafida (2019) Analisis pendidikan karakter melalui pembelajaran membaca Al-Qur'an Metode Ummi jilid 4 pada siswa kelas III di SDN Rampal Celaket 1 Kota Malang / Nur Khafida Ardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

viii RINGKASAN Ardiana, Nur Khafida.2019. Analisis Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Membaca Al-QurÔÇÖan Metode Ummi Jilid 4 pada Siswa Kelas III Di SDN Rampal Celaket 1 Kota Malang. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dra. Nur Hanifah, M.Pd., (II) Drs. Imam Nawawi M.Si Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Membaca Al-Quran Metode Ummi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rapuhnya karakter generasi muda utamanya siswa sekolah dasar yang kurang memperhatikan faktor nilai dan agama dalam melaksanakan proses pendidikan. Namun demikian, hal yang penting lagi ialah bagaimana nilai-nilai Al-Quran ditransformasikan sehingga menjadikan tumbuh karakter baik dalam diri siswa. Salah satunya melalui pembelajaran Al-Quran metode Ummi yang memiliki motto ÔÇ£membangun generasi QurÔÇÖaniÔÇØ. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di SD yang terdapat program pembelajaran Al-Quran metode Ummi sebagai upaya Pendidikan karakter. Peneliti ini terfokus pada massalah: Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembelajaran Membaca Al-Quran Metode Ummi dan Nilai-nilai karakter yang muncul pada kegiatan pembelajaran Al-Quran metode Ummi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan sumber data Kepala Sekolah SDN Rampal Celaket 1, Ustadzah pengajar jilid 4, dan siswa jilid 4 kelas III. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh analisis data bahwa implemetasi Pendidikan karakter yang meliputi siswa menghafal surah pendek, membaca ayat Al-Quran pada peraga, membaca dan menyimak teman serta penilaian dengan ustadzah. Pelaksanaan pembelajaran Membaca Al-Quran Metode Ummi sudah memunculkan nilai karakter yaitu, menjaga lingkungan, toleransi, keberanian, percaya diri, tolong menolong, bekerja sama, cinta pada kebenaran, disiplin dan tertib. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa bekerja sama saling membantu menyimak, kegiatan sudah memunculkan nilai karakter. Nilai-nilai karakter yang muncul kegiatan pembelajaran Al-Quran metode Ummi yang dilakukan sudah sesuai memunculkan nilai-nilai karakter. Nilai-nilai karakter yang muncul yaitu, kelima nilai utama Penguatan Pendidikan Karakter yang meliputi religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Saran untuk Kepala sekolah sebaiknya mengadakan lomba tentang Ummi antar kelas. Saran untuk Ustadzah Memberikan reward pada saat siswa berprestasi. peneliti lain dapat mengimbangkan penelitian yang berkaitan dengan penerepan pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7030

Actions (login required)

View Item View Item