Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap perolehan hasil belajar siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) pada sekolah inklusi SD Inpres Maccini Baru Kota Makasar / Muhammad Miftah Farids - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap perolehan hasil belajar siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) pada sekolah inklusi SD Inpres Maccini Baru Kota Makasar / Muhammad Miftah Farids

Farid, Muhammad Miftah (2017) Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap perolehan hasil belajar siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) pada sekolah inklusi SD Inpres Maccini Baru Kota Makasar / Muhammad Miftah Farids. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farid Muhammad Miftah. 2017. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Perolehan Hasil Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pada Sekolah Inklusi SD Inpres Maccini Baru Kota Makassar. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Wedi M.Pd. (II) Dra. Susilaningsih M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division Hasil Belajar Siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Sekolah Inklusi. Banyak yang berpendapat bahwa siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) merupakan siswa yang mempunyai perbedaan penanganan dalam belajar sehingga harus dipisahkan dengan siswa non berkebutuhan khusus. Namun seiring perkembangan zaman dalam upaya menghilangkan deskriminasi belajar terbentuklah sekolah inklusi yang mampu menampung siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam kelas yang sama dengan siswa non berkebutuhan khusus. Pembelajaran pada sekolah inklusi yang terdapat siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) di dalamnya perlu adanya guru pendamping khusus untuk membantu siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam belajar sehingga terjadi ketergantungan siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) terhadap guru pendamping khusus. Pembelajaran pada sekolah inklusi dengan siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) di dalamnya lebih membutuhkan keterampilan yang lebih dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang sering digunakan dalam model pembelajaran saat ini seluruh penelitian tentang pembelajaran kooperatif pada penelitiuan yang dilakukan oleh para peneliti sebelumnya selalu mengatakan bahwa hasil kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrrol. Namun belum ada penelitian tentang penelitian pembelajaran kooperatif yang diujikan kepada sekolah inklusi yang didalamnya terdapat siswa berkebutuhan khusus (ABK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap perolehan hasil belajar siswa berkebutuhan khusus (ABK) pada sekolah inklusi. Subject penelitian ini yaitu 6 siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) pada kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dengan pembelajaran kooperatif dan 6 siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) pada kelas IV B sebagai kelompok kontrol dengan guru pendamping khusus untuk siswa anak berkebutuhan khusus (ABK). Instrument penelitian ini berupa instrument perlakuan dan instrument pengukuran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) pada kelompok eksperimen sebesar 61 67 dan kelompok kontrol 60 83. Hasil uji-t untuk hasil belajar siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0 071 0 05. Sehingga dapat dinyatakan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak efektif untuk meningkatkan perolehan hasil belajar siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) pada sekolah inklusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/703

Actions (login required)

View Item View Item