Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SDN Kotalama 4 Kota Malang / Irma Nadia

Nadia, Irma (2019) Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SDN Kotalama 4 Kota Malang / Irma Nadia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Nadia, Irma. 2019. Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SDN Kotalama 4 Kota Malang. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: (I) Prof. Dr. SaÔÇÖdun Akbar, M.Pd., (II) Dra. Sukamti, M.Pd. Kata Kunci: Penguatan Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan pelaksanaan penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah yang meliputi pembiasaan rutin, pembiasaan spontan, pembiasaan keteladanan, dan pembiasaan terprogram, (2) mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang tampak dalam budaya sekolah yang meliputi pembiasaan rutin, pembiasaan spontan, pembiasaan keteladanan, dan pembiasaan terprogram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Peneliti berperan sebagai instrumen, kunci untuk mengumpulkan data-data yang diperoleh dilapangan. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru kelas, guru agama, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan setelah mendapatkan beberapa data melalui berbagai sumber. Analisi data dalam penelitian ini menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pemaparan serta penegasan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah yang dilaksanakan di SDN Kotalama 4 Kota Malang yakni melalui pembiasaan rutin, pembiasaan spontan, pembiasaan keteladanan, dan pembiasaan terprogram. (1) Pembiasaan rutin seperti berjabat tangan pagi dan sepulang sekolah, upacara bendera hari Senin, membaca doÔÇÖa, asmaul husna, dan surat pendek, literasi, menyanyikan lagu wajib nasional, berbaris sebelum memasuki kelas, piket kelas, senam, infaq hari JumÔÇÖat, solat dhuhur berjamaah dan JumÔÇÖat bersih. (2) Pembiasaan spontan seperti makan sambil duduk, membuang sampah di tempat sampah sesuai dengan jenisnya, dan antri. (3) Pembiasaan keteladanan seperti menggunakan bahasa yang baik, berpakaian rapi, dan tidak datang telambat. (4) Pembiasaan terprogram seperti memperingati hari kemerdekaan Indonesia, memperingati hari raya Idul Adha, program screening oleh Puskesmas. Kesimpulan penelitian ini yaitu pelaksanaan penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah seperti pembiasaan rutin, pembiasaan spontan, pembiasaan keteladanan, dan pembiasaan terprogram dapat memunculkan karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Untuk karakter yang belum muncul pada siswa, hendaknya sekolah membuat program yang dapat menumbuhkan karakter tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7029

Actions (login required)

View Item View Item