Penerapan model inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar materi uang siswa kelas III SDN Tulungrejo 02 Kabupaten Blitar / Delvina Rohmawati

Rohmawati, Delvina (2019) Penerapan model inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar materi uang siswa kelas III SDN Tulungrejo 02 Kabupaten Blitar / Delvina Rohmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Rohmawati, Delvina. 2015. Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Uang Siswa Kelas III SDN Tulungrejo 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Suminah, S.Pd., M.Pd., (II) Dr. Alif Mudiono, M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar, uang, model inkuiri Hasil observasi yang dilakukan terhadap pembelajaran IPS pada siswa kelas III SDN Tulungrejo 02 Kabupaten Blitar adalah sebagai berikut: (1) guru belum menerapkan model pembelajaran, (2) guru masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan, (3) guru belum melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran, (4) guru pada kegiatan pembelajaran jarang menggunakan media, (5) siswa jarang dibagi menjadi kelompok kecil, (6) KKM yang ditetapkan yaitu 70, dari 15 siswa hanya terdapat 5 siswa atau 33% yang mendapat nilai di atas KKM, sedangkan 10 siswa atau 67% siswa belum tuntas. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan model Inkuiri dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi uang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing dilaksanakan dalam dua pertemuan, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada tahap siklus I aktivitas guru sebesar 80,65% dan pada siklus II meningkat menjadi 96,75%. Aktivitas siswa siklus I sebesar 73,75% dan siklus II meningkat menjadi 90,9%. Sedangkan hasil belajar siswa aspek pengetahuan siklus I sebesar50 % dan siklus II mengingkat menjadi 80% dan pada siklus II terdapat 2 siswa yang belum mencapai KKM. Hasil belajar aspek sikap siklus I sikap yang sering muncul adalah percaya diri dan pada siklus II sikap yang sering muncul adalah percaya diri. Hasil belajar aspek keterampilan mengalami peningkatan yaitu Siswa dapat mengidentifikasi 4-5 masalah dengan benar, gambar dan masalah yang diidentifikasi sesuai, dan siswa dapat melaporkan hasil diskusi dengan berani dan percaya diri dalam menyampaikan hasil diskusi dengan jelas dan tepat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Inkuiri dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada materi uang siswa kelas III SDN Tulungrejo 02 Kabupaten Blitar. Oleh sebab itu disarankan untuk guru dapat menerapkan model Inkuiri dalam pembelajaran sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan keaktifan siswa dan kemampuan memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7027

Actions (login required)

View Item View Item