Analisis muatan nilai-nilai karakter pada buku siswa kelas VI tema 3 Tokoh da Penemuan edisi revisi 2018 / Sella Dwi Purnami

Purnami, Sella Dwi (2019) Analisis muatan nilai-nilai karakter pada buku siswa kelas VI tema 3 Tokoh da Penemuan edisi revisi 2018 / Sella Dwi Purnami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii RINGKASAN Purnami, Sella Dwi. 2019. Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas VI Tema 3 Tokoh dan Penemuan Edisi Revisi 2018. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Imam Nawawi, M.Si (II) Dra. Nur Hanifah, M.Pd Kata Kunci : nilai-nilai karakter, buku siswa edisi revisi 2018, sekolah dasar Nilai-nilai karakter seharusnya dimuat dalam buku ajar. Salah satu buku ajar yang digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar adalah buku siswa kelas VI tema 3 Tokoh dan Penemuan edisi revisi 2018. Menurut temuan sebelumnya, dapat diketahui bahwa integrasi nilai-nilai karakter pada buku ajar khusunya dalam buku siswa belum memadai, sehingga peneliti bermaksud melakukan penelitian yang berbeda. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang termuat dalam bagian informasi pendukung, bagian tagihan kerja/kegiatan, dan bagian tagihan kerja/latihan pada buku siswa kelas VI tema 3 Tokoh dan Penemuan edisi revisi 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif teknik kajian isi/Content Analysis. Sumber data dalam penelitian ini yaitu buku siswa kelas VI Tema 3 ÔÇ£Tokoh dan PenemuanÔÇØ edisi revisi 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku tersebut telah memuat nilai-nilai karakter. Bagian informasi pendukung sudah memuat lima nilai karakter yang sesuai dengan PPK namun bagian ini paling banyak memuat subnilai karakter yaitu 31 subnilai dari 48 subnilai. Subnilai yang sering muncul ialah subnilai karakter nasionalis. Bagian petunjuk kerja sudah memuat lima nilai karakter yang sesuai dengan PPK namun bagian ini paling sedikit memuat subnilai karakter yaitu 20 subnilai dari 48 subnilai. Subnilai yang sering muncul ialah subnilai karakter mandiri. Bagian tagihan kerja/ latihan memuat lima nilai karakter yang sesuai dengan PPK namun memuat subnilai karakter 26 subnilai dari 48 subnilai. Subnilai yang sering muncul ialah subnilai karakter integritas. Nilai karakter yang tidak termasuk dalam lima nilai karakter berdasarkan PPK tetapi termuat pada bagian informasi pendukung, petunjuk kerja, dan tagihan/latihan kerja yaitu karakter cermat dan rasa ingin tahu. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan guru lebih mencermti nilai-nilai karakter yang ada di buku agar pembelajaran yang dilakukan dapat mengembangkan nilai-nilai karakter secara utuh dan maksimal. Kemudian bagi penulis/penyusun buku agar mau melengkapi nilai-nilai karakter yang belum termuat secara merata pada setiap bagian buku, terutama di bagian petunjuk kerja. Bagi pemerintah, agar mau menambah kebijakan untuk melakukan revisi buku yang terbukti muatan nilai karakternya kurang utuh dan belum merata. Bagi peneliti lain, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan pijakan untuk penelitian lebih lanjut dan selanjutnya mengenai pengaruh nilai-nilai karakter terhadap pembelajaran, hasil belajar siswa, dan perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7026

Actions (login required)

View Item View Item