Analisis kemampuan siswa dalam memahami nilai-nilai karakter pada lagu tradisional di kelas V SDN 1 Banjarejo Kecamatan Pakis / Nanang Prastyo

Prastyo, Nanang (2019) Analisis kemampuan siswa dalam memahami nilai-nilai karakter pada lagu tradisional di kelas V SDN 1 Banjarejo Kecamatan Pakis / Nanang Prastyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Prastyo, Nanang. 2019. Analisis Kemampuan Siswa dalam Memahami Nilai-Nilai Karakter pada Lagu Tradisional di SDN 1 Banjarejo Kecamatan Pakis. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sutarno, M.Pd (II) Titis Angga Rini, S.Pd, M.Pd Kata kunci: Kemampuan Memahami, Nilai Karakter, Lagu Tradisional. Kurikulum 2013 untuk mengajarkan keselarasan antara kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor. Salah satu materinya adalah teks paragraph lagu tradisional dapat digunakan sebagai alat untuk memupuk karakter siswa. Salah satu contohnya adalah kemampuan siswa dalam menemukan nilai karakter yang terkandung dalam sebuah lagu tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kemampuan siswa dalam menemukan nilai-nilai karakter pada lagu tradisional di kelas V SDN 1 Banjarejo (2) menganalisis kemampuan siswa dalam memahami nilai-nilai karakter pada lagu tradisional di kelas V SDN 1 Banjarejo. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari guru kelas 5 dan siswa kelas 5 yang berjumlah 37 siswa terdiri dari 20 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, dan dokumen. Analisis data penelitian dilakukan melalui 4 tahap yakni terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk keperluan pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh dari 7 nilai karakter yang ditemukan siswa kelas V SDN 1 Banjarejo terdapat 4 siswa yang masuk dalam kategori rendah, 11 siswa masuk dalam kategori sedang, dan 22 siswa masuk dalam kategori tinggi. Data yang diperoleh dari 7 nilai karakter yang harus dipahami siswa kelas V SDN 1 Banjarejo terdapat 15 siswa yang masuk dalam kategori rendah, 18 siswa masuk dalam kategori sedang, dan 4 siswa masuk dalam kategori tinggi. Faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam memahami nilai-nilai karakter pada lagu tradisional yakni kurangnya pengetahuan atau pemahaman siswa tentang bahasa daerah (logat daerah) yang belum pernah didengar oleh siswa. Hal ini didukung dengan hasil wawancara pada guru kelas V SDN 1 Banjarejo yang menjelaskan hanya sebagian saja siswa yang telah menguasai nilai karakter dalam lagu tradisional. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar guru kelas V hendaknya lebih meningkatkan proses pembelajaran yang berbasis pendidikan karakter yaitu dengan cara mengenalkan seluruh nilai-nilai karakter dan meningkatkan keterampilan siswa kelas V SDN 1 Banjarejo sehingga siswa lebih mampu menguasai nilai-nilai karakter terutama yang terdapat pada lagu tradisional. Selain itu, Kepala sekolah hendaknya lebih meningkatkan kualitas guru kelas V SDN 1 Banjarejo dalam proses pembelajaran khususnya meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami nilai karakter pada lagu tradisional. Sehingga dihasilkan siswa yang berkualitas dan berkarakter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7025

Actions (login required)

View Item View Item