Analisis buku guru kelas IV tema 5 "Pahlawanku" kurikulum 2013 terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Lusyani Buntu Lambe

Lambe, Lusyani Buntu (2019) Analisis buku guru kelas IV tema 5 "Pahlawanku" kurikulum 2013 terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Lusyani Buntu Lambe. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Lambe, Lusyani Buntu. 2019.Analisis Buku Guru Kelas IV Tema 5 ÔÇ£PahlawankuÔÇØ Kurikulum 2013 Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sutarno, M.Pd., (II) Titis Angga Rini, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Buku Guru, Kurikulum 2013, Kemampuan Berpikir Kritis Buku guru merupakan buku ajar yang menjadi salah satu instrumen yang digunakan guru dalam mengajar pada pembelajaran Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil telaah awal peneliti, buku guru kelas IV tema 5 ÔÇ£PahlawankuÔÇØ pada bagian tujuan pembelajaran subtema 1 pembelajaran 2 tujuan nomor 4 halaman 18, tujuan pembelajaran dengan jabaran teksnya ÔÇ£Setelah diberikan contoh, siswa mampu menyanyikan notasi lagu "Maju Tak Gentar" sesuai dengan tinggi rendah nada dengan benarÔÇØ, tujuan pembelajaran tersebut tidak memuat kemampuan berpikir kritis karena siswa hanya diminta untuk menyanyikan lagu setelah diberi contoh. Pada langkah pembelajaran subtema 1 pembelajaran 4 halaman 43, langkah pembelajaran dengan jabaran teksnya ÔÇ£Siswa yang lain mengamati sinar yang dihasilkan dari dua percobaan, langkah tersebut tidak membuat siswa berpikir kritis karena siswa hanya diminta untuk mengamati sinar, siswa tidak diminta untuk berpikir. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis termuat pada semua tujuan dan langkah pembelajaran buku guru kelas IV tema 5 ÔÇ£PahlawankuÔÇØ. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik penelitian analisis isi . Peneliti disini bertindak sebagai pengumpul data, penganalisis data, dan juga pembuat laporan hasil penelitian. Lokasi penelitian ini dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, hal ini dikarenakan objek penelitiannya merupakan buku guru kelas IV Tema 5 ÔÇ£PahlawankuÔÇØ. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku guru kelas IV tema 5 ÔÇ£PahlawankuÔÇØ edisi revisi 2017. Instrumen penelitian utama yakni peneliti sendiri. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan menggunakan peningkatan -ketekunan. Tahap-tahap penelitian yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pelaporan, Hasil penelitian tentang kemampuan berpikir kritis pada tujuan dan langkah pembelajaran buku guru kelas IV tema 5 ÔÇ£PahlawankuÔÇØ menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis memberi penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, penjelasan lebih lanjut,strategi dan taktik telah termuat namun hanya didominasi kemampuan berpikir kritis membangun keterampilan dasar. Sedangkan pada langkah pembelajaran hanya didominasi kemampuan berpikir kritis strategi dan taktik. Saran bagi penyusun buku, dapat meninjau ulang dan melakukan perbaikan dan pengembangan terhadap kemampuan berpikir kritis yang masih sangat kurang pada buku guru kelas IV tema 5 ÔÇ£PahlawankuÔÇØ.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7024

Actions (login required)

View Item View Item