Rahmawati, Nuzulya (2019) Peningkatan hasil belajar menggali informasi melalui metode SQ3R di kelas VA SDN Bendo 1 Kota Blitar / Nuzulya Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Rahmawati Nuzulya. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Menggali Informasi melalui Metode SQ3R di Kelas VA SDN Bendo 1 Kota Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Lilik Bintartik M.Pd. (II) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd. Kata Kunci peningkatan hasil belajar menggali informasi SQ3R sekolah dasar Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di kelas VA SDN Bendo 1 Kota Blitar terdapat beberapa masalah yang ditemukan antara lain 1) sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan apa mengapa dan bagaimana 2) siswa kurang dilibatkan secara langsung dalam kegiatan menggali informasi 3) metode pembelajaran belum dapat merangsang siswa untuk aktif dan antusias dalam belajar 4) hasil belajar menunjukkan bahwa sebanyak 55 % siswa kelas VA mendapatkan nilai di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode SQ3R pada pembelajaran menggali informasi dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menggali informasi menggunakan metode SQ3R. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes wawancara observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data melalui 3 tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan metode SQ3R meningkat dari 80% (baik) menjadi 100% (sangat baik). Kemampuan siswa dalam melakukan langkah-langkah metode SQ3R juga meningkat dari 69 8% (kurang) menjadi 91 6% (sangat baik). Penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan ketuntasan klasikal siswa. Persentase ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 65% (kurang) menjadi 90% (sangat baik). Penerapan metode SQ3R juga dapat meningkatkan jumlah siswa yang mendapatkan skor maksimal pada aspek keterampilan. Jumlah siswa yang mendapatkan skor maksimal pada keterampilan menggunakan kosakata baku meningkat dari 8 siswa (40%) menjadi 17 siswa (85%). Jumlah siswa yang mendapatkan skor maksimal pada keterampilan menggunakan kalimat efektif mengalami peningkatan dari 4 siswa (20%) menjadi 16 siswa (80%). Jumlah siswa yang mendapatkan skor maksimal pada keterampilan memaparkan informasi mengalami peningkatan dari 9 siswa (45%) menjadi 18 siswa (90%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SQ3R pada materi menggali informasi yang dilakukan guru dan siswa dengan sangat baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan dan keterampilan. Oleh karena itu hendaknya guru menggunakan metode SQ3R sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menggali informasi. i
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/7020 |
Actions (login required)
View Item |