Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tema 7 subtema 2 kelas V SDN Rampal Celaket 2 Malang / Nita Puspitasari

Puspitasari, Nita (2019) Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tema 7 subtema 2 kelas V SDN Rampal Celaket 2 Malang / Nita Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Puspitasari, Nita. 2019. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tema 7 Subtema 2 Kelas V SDN Rampal Celaket 2 Malang. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Sukamti, M.Pd., (II) Drs. Goenawan Roebyanto, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: implementasi, pendekatan saintifik, pembelajaran tematik Implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran merupakan pelaksanaan atau penerapan pendekatan pembelajaran melalui tahapan metode ilmiah atau mengamati, menanya, mencoba/mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengkomunikasikan dalam proses atau kegiatan belajar dan mengajar yang terjadi antarpeserta didik, antara peserta didik dengan pendidik, dan sumber belajar lainnya pada suatu lingkungan belajar. Penelitian ini dilatar belakangi adanya kendala terkait implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran yang ada di kelas V SDN Rampal Celaket 2 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran yang dilaksanakan pada tema 7 subtema 2 kelas V SDN Rampal Celaket 2 Malang. Penelitian ini ditinjau dari perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian deskriptif untuk menjelaskan pelaksanaan atau penerapan pendekatan saintifik pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran Tema 7 Subtema 2 Kelas V SDN Rampal Celaket 2 Malang. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas V. Adapun instrumen yang digunakan untuk memperoleh data pada penelitian ini adalah pedoman studi dokumentasi, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Data pada penelitian ini dianalisis dengan mengelompokkan data, menyajikan data dan terakhir adalah penarikan kesimpulan. Data yang telah diperoleh diuji keabsahannya dengan keajegan pengamatan, triangulasi, dan uraian rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kelima kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik belum seluruhnya dimunculkan dalam kegiatan inti pembelajaran pada RPP. Pendekatan saintifik yang direncanakan oleh guru masih terbatas pada kegiatan mengamati, mencoba/mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Pada pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa, 1) kegiatan mengamati yang direncanakan belum semuanya terlaksana dalam pembelajaran, kegiatan mengamati yang dilakukan hanya terbatas pada kegiatan mengamati teks bacaan dan gambar-gambar yang ada di buku siswa. 2) kegiatan menanya yang tidak termuat pada perencanaan pembelajaran namun pada pelaksanaannya dilakukan oleh guru, 3) kegiatan mencoba/mengumpulkan informasi yang direncanakan belum semuanya terlaksana dalam pembelajaran, 4) kegiatan pembelajaran belum memunculkan kegiatan menalar, dan 5) kegiatan mengkomunikasikan hanya terbatas pada kegiatan presentasi saja. vii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7019

Actions (login required)

View Item View Item