Analisis muatan nilai-nilai karakter pada buku siswa SD/MI kelas III tema 8 Praja Muda Karana revisi 2018 / Nur Fajri Maulydia

Maulydia, Nur Fajri (2019) Analisis muatan nilai-nilai karakter pada buku siswa SD/MI kelas III tema 8 Praja Muda Karana revisi 2018 / Nur Fajri Maulydia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Maulydia, Nur Fajri. 2019. Analisis muatan nilai-nilai karakter pada Buku Siswa SD/MI Kelas III Tema 8 Praja Muda Karana Revisi 2018. Skripsi, Jurusan Kependidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Murtiningsih, S.Pd, M.Pd, (II) Dr. I Made Suardana, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Nilai-Nilai Karakter, Buku Siswa, Sekolah Dasar Nilai-nilai karakter seharusnya termuat dalam buku ajar. Salah satunya adalah buku siswa SD/MI kelas III Tema 8 Praja Muda Karana Revisi 2018. Berdasarkan temuan sebelumnya, dapat diketahui bahwa pengintegrasian nilai-nilai karakter pada buku ajar belum memadai, sehingga peneliti bermaksud melakukan penelitian pada buku yang berbeda. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang termuat dalam bagian informasi pendukung, bagian petunjuk kerja/kegiatan, dan bagian tagihan kerja/kegiatan pada buku siswa SD/MI kelas III tema 8 praja muda karana revisi 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Seumber data dalam penelitian ini adalah buku siswa SD/MI kelas III Tema 8 Praja Muda Karana Revisi 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku tersebut telah memuat nilai-nilai karakter. Bagian informasi pendukung telah memuat 5 nilai karakter utama. Nilai karakter yang sering muncul dibagian informasi pendukung adalah nilai karakter gotong-royong. Nilai karakter baru pada bagian informasi pendukung adalah adil. Bagian petunjuk kerja/kegiatan hanya memuat 4 nilai karakter utama yang tidak memuat nilai karakter religius. Nilai karakter yang sering muncul di bagian petunjuk kerja/kegiatan adalah gotong-royong. Nilai karakter baru pada bagian petunjuk kerja adalah cermat. Bagian tagihan kerja/kegiatan hanya memuat 4 nilai karakter utama yang tidak memuat nilai karakter integritas. Nilai karakter yang sering muncul di bagian tagihan kerja/kegiatan adalah nilai karakter nasionalis. Nilai karakter nilai karakter baru pada tagihan kerja/kegiatan adalah cermat dan berpikir kritis. Berdasarkan penelitian ini, disimpulkan bahwa pada bagian informasi pendukung telah memuat 5 nilai karakter utama, pada bagian petunjuk kerja/kegiatan hanya memuat 4 nilai karakter utama, dan pada tagihan kerja/kegiatan hanya memuat 4 nilai karakter utama. Saran kepada (1) guru untuk mengembangkan nilai-nilai karakter yang belum termuat dalam 5 nilai karakter utama yang dikontrakkan oleh kurikulum 2013 dan guru dapat menambahkan nilai-nilai karakter yang belum termuat dalam buku siswa, (2) Bagi penerbit sebagai bahan evaluasi atau pertimbangan dalam meningkatkan kualitas buku yang telah dikembangkan terutama berkaitan dengan muatan nilai-nilai karakter yang ada di dalam buku siswa, (3) Bagi peneliti lain,diharapkan penelitian ini dapat dijadikan pijakan serta sebagai penambah wawasan untuk menganalisis suatu buku teks secara sistematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7018

Actions (login required)

View Item View Item