Maulydia, Nur Fajri (2019) Analisis muatan nilai-nilai karakter pada buku siswa SD/MI kelas III tema 8 Praja Muda Karana revisi 2018 / Nur Fajri Maulydia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Maulydia Nur Fajri. 2019. Analisis muatan nilai-nilai karakter pada Buku Siswa SD/MI Kelas III Tema 8 Praja Muda Karana Revisi 2018. Skripsi Jurusan Kependidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Murtiningsih S.Pd M.Pd (II) Dr. I Made Suardana S.Pd M.Pd. Kata kunci Nilai-Nilai Karakter Buku Siswa Sekolah Dasar Nilai-nilai karakter seharusnya termuat dalam buku ajar. Salah satunya adalah buku siswa SD/MI kelas III Tema 8 Praja Muda Karana Revisi 2018. Berdasarkan temuan sebelumnya dapat diketahui bahwa pengintegrasian nilai-nilai karakter pada buku ajar belum memadai sehingga peneliti bermaksud melakukan penelitian pada buku yang berbeda. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang termuat dalam bagian informasi pendukung bagian petunjuk kerja/kegiatan dan bagian tagihan kerja/kegiatan pada buku siswa SD/MI kelas III tema 8 praja muda karana revisi 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Seumber data dalam penelitian ini adalah buku siswa SD/MI kelas III Tema 8 Praja Muda Karana Revisi 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku tersebut telah memuat nilai-nilai karakter. Bagian informasi pendukung telah memuat 5 nilai karakter utama. Nilai karakter yang sering muncul dibagian informasi pendukung adalah nilai karakter gotong-royong. Nilai karakter baru pada bagian informasi pendukung adalah adil. Bagian petunjuk kerja/kegiatan hanya memuat 4 nilai karakter utama yang tidak memuat nilai karakter religius. Nilai karakter yang sering muncul di bagian petunjuk kerja/kegiatan adalah gotong-royong. Nilai karakter baru pada bagian petunjuk kerja adalah cermat. Bagian tagihan kerja/kegiatan hanya memuat 4 nilai karakter utama yang tidak memuat nilai karakter integritas. Nilai karakter yang sering muncul di bagian tagihan kerja/kegiatan adalah nilai karakter nasionalis. Nilai karakter nilai karakter baru pada tagihan kerja/kegiatan adalah cermat dan berpikir kritis. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa pada bagian informasi pendukung telah memuat 5 nilai karakter utama pada bagian petunjuk kerja/kegiatan hanya memuat 4 nilai karakter utama dan pada tagihan kerja/kegiatan hanya memuat 4 nilai karakter utama. Saran kepada (1) guru untuk mengembangkan nilai-nilai karakter yang belum termuat dalam 5 nilai karakter utama yang dikontrakkan oleh kurikulum 2013 dan guru dapat menambahkan nilai-nilai karakter yang belum termuat dalam buku siswa (2) Bagi penerbit sebagai bahan evaluasi atau pertimbangan dalam meningkatkan kualitas buku yang telah dikembangkan terutama berkaitan dengan muatan nilai-nilai karakter yang ada di dalam buku siswa (3) Bagi peneliti lain diharapkan penelitian ini dapat dijadikan pijakan serta sebagai penambah wawasan untuk menganalisis suatu buku teks secara sistematis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/7018 |
Actions (login required)
View Item |