Analisis ketetapan penulisan kata dan tanda baca pada teks eksplanasi siswa kelas V SDN Polehan 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Ummu Nur Habibah

Habibah, Ummu Nur (2019) Analisis ketetapan penulisan kata dan tanda baca pada teks eksplanasi siswa kelas V SDN Polehan 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Ummu Nur Habibah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Habibah, Nur Ummu. 2019. Analisis Ketepatan Penulisan Kata dan Tanda Baca pada Teks Eksplanasi Siswa Kelas V SDN Polehan Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi. Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Titis Angga Rini, S.Pd, M.Pd (II) Drs. Heru Agus Triwidjaja, M.Pd. Kata Kunci: Ketepatan penulisan, kata dan tanda baca, teks eksplanasi. Menulis merupakan kegiatan menuangkan ide, pengetahuan, dan perasaan dalam bentuk tulisan. Kegiatan menulis membutuhkan penguasaan unsur kebahasaan berupa kaidah penulisan yang termuat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Kurangnya penguasaan kaidah penulisan ditemukan dengan adanya ketidaktepatan penulisan kata dan tanda baca pada hasil karya tulis siswa. Oleh karena itu, diperlukan analisis ketepatan penulisan kata dan tanda baca untuk mengetahui letak dominan ketepatan dan ketidaktepatan penulisan kata dan tanda baca pada hasil karya tulis siswa, serta penyebab ketidaktepatan penulisannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Polehan Kota Malang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini bersumber dari hasil tes menulis teks eksplanasi, wawancara siswa, catatan lapangan, dan dokumen pendukung lainnya. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan uji validitas instrumen dan triangulasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan ketepatan penulisan kata paling dominan terletak pada penulisan kata baku, sedangkan ketidaktepatan paling dominan terletak pada penulisan huruf kapital. Ketepatan penulisan tanda baca paling dominan terletak pada penulisan tanda titik di akhir kalimat pernyataan, sedangkan ketidaktepatan paling dominan terletak pada penulisan tanda koma pada kalimat majemuk. Penyebab ketidaktepatan penulisan kata dan tanda baca, yaitu (1) kurangnya konsentrasi dan ketelitian siswa dalam menulis, (2) siswa tidak terbiasa menulis menggunakan kaidah penulisan yang berlaku, (3) pengetahuan siswa tentang huruf kapital, kata baku, dan tanda baca masih terbatas, (4) siswa cenderung mengabaikan materi kaidah penulisan yang telah diajarkan, (5) tidak adanya penerapan tahap menulis dalam proses menulis, dan (6) kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya penulisan kata dan tanda baca sesuai dengan PUEBI. Disarankan bagi guru untuk mengadakan kegiatan menulis minimal dua kali dalam seminggu untuk melatih keterampilan menulis siswa. Disarankan bagi sekolah untuk memaksimalkan kegiatan literasi dengan lebih menekankan pembiasaan penggunaan kaidah penulisan pada kegiatan menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7017

Actions (login required)

View Item View Item