Analisis nilai-nilai karakter pada buku siswa kelas II SD tema 3 "Tugasku Sehari-hari" edisi revisi 2017 / Revia Willy Rizkiviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis nilai-nilai karakter pada buku siswa kelas II SD tema 3 "Tugasku Sehari-hari" edisi revisi 2017 / Revia Willy Rizkiviana

Rizkiviana, Revia Willy (2019) Analisis nilai-nilai karakter pada buku siswa kelas II SD tema 3 "Tugasku Sehari-hari" edisi revisi 2017 / Revia Willy Rizkiviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Rizkiviana Revia Willy. 2019. Analisis Nilai-Nilai Karakter pada Buku Siswa Kelas II SD Tema 3 Tugasku Sehari-Hari Edisi Revisi 2017. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Nawawi M.Si. (II) Drs. M. Imron Rosyadi SY. S Pd. M.Pd. Kata Kunci Nilai-Nilai Karakter Buku Siswa Sekolah Dasar Buku siswa merupakan bagian penting dalam kegiatan pembelajaran siswa karena kegiatan pembelajaran sehari-hari mengacu pada isi buku tersebut. Isi dalam buku ini harus memuat nilai-nilai karakter untuk diajarkan kepada siswa dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai karakter yang termuat harus berpedoman pada lima nilai penguatan pendidikan karakter beserta subnilainya yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yaitu religius nasionalis mandiri gotong royong dan integritas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter yang termuat pada bagian teks bacaan petunjuk kerja dan tugas dalam buku tersebut sebagai bahan pembelajaran pendidikan karakter untuk siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif naratif. Kegiatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menganalisis nilai-nilai karakter yang termuat pada bagian teks bacaan petunjuk kerja dan tugas. Dalam penelitian ini ditemukan fakta bahwa muatan nilai karakter lebih banyak termuat dalam teks bacaan. Berikut ini merupakan hasil analisis yang diperoleh peneliti yaitu muatan nilai karakter pada bagian teks bacaan telah memuat lima nilai karakter beserta empat puluh delapan subnilainya bagian petunjuk kerja telah memuat lima nilai karakter dengan dua puluh subnilai dan bagian tugas telah memuat lima nilai karakter dengan lima belas subnilai. Muatan nilai karakter yang lebih banyak termuat pada bagian teks bacaan yaitu kerja sama tanggung jawab dan percaya diri. Muatan nilai karakter yang lebih banyak termuat pada bagian petunjuk kerja yaitu menjadi pembelajar sepanjang hayat kerja sama dan disiplin. Muatan nilai karakter yang lebih banyak termuat pada bagian tugas yaitu menjadi pembelajar sepanjang hayat kejujuran dan disiplin. Diharapkan dengan adanya muatan nilai karakter sesuai dengan ketetapan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dapat membelajarkan nilai-nilai karakter tersebut secara berkelanjutan kepada siswa sebagai pembiasaan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka menciptakan generasi bangsa Indonesia yang semakin baik dan berkualitas untuk masa depan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7015

Actions (login required)

View Item View Item