Analisis nilai Penguatan Pendidikan karakter (PPK) pada buku siswa kelas III tema 4 Kewajiban dan Hakku edisi revisi 2018 / Silvi Dwi Endriani

Endriani, Silvi Dwi (2019) Analisis nilai Penguatan Pendidikan karakter (PPK) pada buku siswa kelas III tema 4 Kewajiban dan Hakku edisi revisi 2018 / Silvi Dwi Endriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Endriani, Silvi Dwi. 2019. Analisis Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada Buku Siswa Kelas III Tema 4 Kewajiban dan Hakku Edisi Revisi 2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Nur Hanifah, M.Pd. (II) Dr. I Made Suardana, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Analisis Buku, Nilai Karakter, Buku Siswa Nilai karakter merupakan kepribadian yang sebenarnya dari seorang individu yang membedakan antara individu dengan individu lain. Namun penanaman nilai karakter terhadap anak bangsa masih lemah, terbukti dengan banyaknya perilaku menyimpang yang disebabkan oleh siswa, salah satunya tawuran pelajar di Tangerang Selatan yang telah memakan korban 5 pelajar tewas dan 5 pelajar cacat fisik seumur hidup. Pada tahun 2017 Kemendikbud melahirkan gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang terdiri dari lima nilai karakter antara lain: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Dalam penyelenggaraan PPK diimplementasikan melalui buku siswa pada satuan pendidikan dasar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai PPK pada unsur wacana, petunjuk kerja, latihan soal, dan gambar yang terdapat dalam buku siswa kelas III tema 4 kewajiban dan hakku edisi revisi 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif untuk mengungkapkan fakta yang sebenarnya tentang nilai PPK yang terdapat pada unsur-unsur buku siswa kelas III tema 4 kewajiban dan hakku edisi revisi 2018. Instrumen pengumpul data yang digunakan berupa lembar catatan data. Analisis data dilakukan dengan mengelompokkan data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan agar diperoleh temuan yang absah, peneliti menggunakan triangulasi. Tahapan penelitian yang dilakukan dimulai dari pendahuluan, pengembangan desain, pelaksanaan penelitian dan penulisan laporan. Berdasarkan hasil penelitian nilai PPK yang muncul pada unsur wacana sebanyak 5 nilai karakter diantaranya religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Nilai PPK yang muncul pada unsur petunjuk kerja sebanyak 4 nilai karakter diantaranya nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Nilai PPK yang muncul pada unsur latihan soal sebanyak 5 nilai karakter diantaranya religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Nilai PPK yang muncul pada unsur Gambar sebanyak 4 nilai karakter diantaranya nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Berdasarkan hasil tersebut peneliti mengajukan saran agar nilai PPK pada petunjuk kerja dan gambar muncul secara keseluruhan, karena petunjuk kerja digunakan siswa saat mengerjakan latihan dalam proses pembelajaran dan gambar sebagai salah satu media dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7013

Actions (login required)

View Item View Item