Pengembangan media CD interaktif subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Iqlima

Iqlima (2019) Pengembangan media CD interaktif subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Iqlima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Iqlima. 2019. Pengembangan Media CD Interaktif Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku untuk Siswa Kelas IV di Ssekolah Dasar. Skripsi Prodi SI - Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumanto, M.Pd (II) Dra. Nihayati, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: CD Interaktif, Indahnya Keragaman Budaya Negeriku, Kelas IV SD Pembelajaran merupakan proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Dalam penyampaian materi pembelajaran dibutuhkan alat perantara atau media pembelajaran. Berdasarkan analisis buku siswa kelas IV di Sekolah Dasar pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku subtema 2 indahnya keragaman budaya negeriku masih membutuhkan media selain buku siswa. Serta berdasarkan hasil observasi terhadap guru ditemkan bahwa guru kurang memanfaatkan fasilitas laboratorium komputer dengan maksimal. Tujuannya yaitu (1) menghasilkan media CD Interaktif subtema indahnya keragaman busaya negeriku yang valid menurut ahli media, ahli materi, dan guru, (2) menghasilkan media CD Interaktif yang efektif, (3) menghasilkan media CD Interaktif yang menarik. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu modifikasi model Dick and Carey dengan 9 langkah. Adapun langkah-langkah tersebut yaitu analisis kebutuhan, analisis pembelajaran, analisis karakteristik siswa dan konteks, memilih KD dan mengembangkan indikator, mengembangkan instrumen penilaian, mengembangkan RPP, & matriks, membuat produk, evaluasi formatif, revisi produk & uji lapangan, serta produk akhir yang berupa media CD Interaktif Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku dan buku petunjuk penggunaan. Hasil produk yang dikembangkan yaitu pembelajaran 3 mengenai rumah adat, pembelajaran 4 mengenai pakaian adat, dan pembelajaran 5 mengenai tarian daerah dan tari kreasi. Setiap pembelajaran dilengkapi dengan teks, gambar, simbol, animasi, video, game yang dimainkan secara langsung maupun yang dimainkan dalam CD, latihan soal (benar-salah), serta soal evaluasi. Hasil yang diperoleh dari proses evaluasi formatif hingga uji lapangan yaitu skor rata-rata yang didapatkan dari validasi ahli materi untuk pembelajaran 3,4, dan 5 yaitu 91,72%, sedangkan pada ahli media yaitu 91,91%, dan ahli lapangan (guru) mendapatkan skor rata-rata 84,16%. Yang dapat dikategorikan produk sangat valid. Adapun hasil dari pemberian pretest pada pemebelajaran 3 yaitu 60 sedangkan posttest 77,69. Pada pembelajaran 4 nilai pretest yaitu 37,6 dan posttest 75,21. Sedangkan pada pembelajaran 5 nilai rata-rata pretest sebesar 45,7 dan posttest mencapai 77,39 serta uji kemenarikan yang mencapai 78,3%. Media CD Interaktif subtema indahnya keragaman budaya negeriku sangat siap digunakan dalam pembelajaran. Media CD Interaktif ini telah direvisi berdasarkan saran dan komentar ahli. Saran pemanfaatan produk media CD Interaktif untuk selanjutnya yaitu dapat dimanfaatkan oleh guru karena terdapat beberapa hal yang tidak terdapat dalam buku siswa seperti video, gambar animasi, dll.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7011

Actions (login required)

View Item View Item