Muatan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di kelas II SDN Waruktengah 2 Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi berdasarkan kurikulum 2013 / Ida Novitadewi

Novitadewi, Ida (2019) Muatan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di kelas II SDN Waruktengah 2 Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi berdasarkan kurikulum 2013 / Ida Novitadewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Novitadewi, Ida. 2019. Muatan Nilai ÔÇô Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Di Kelas II SDN Waruk Tengah 2 Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi Berdasarkan Kurikulum 2013. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: (1) Muchtar, S.Pd, M.Si., (II) Dra. Murtiningsih, M.Pd. Kata Kunci : Nilai- Nilai Karakter, Pembelajaran, Kurikulum 2013 Nilai-nilai karakter sangat diperlukan keterpaduannya pada setiap pembelajaran yang ada ada di sekolah untuk mengetahui nilai-nilai karakter apasaja yang sudah termuat dalam pembelajaran dan mana yang masih harus dimaksimalkan pengembangnya. Bagaimanakah muatan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di kelas II. Untuk mendeskripsikan muatan nilai ÔÇô nilai karakter yang terdapat dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di kelas. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian expost facto. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara dengan guru, observasi pelaksanaan pembelajaran, dan dokumentasi RPP, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Pada tahap analisis data dilakukan serangkaian proses analisis data kualitatif sampai pada interpretasi data. Hasil penelitian memaparkan bahwa nilai-nilai karakter dalam perencanaan pembelajaran di kelas II telah memuat 5 karakter pokok PPK yakni, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Nilai karakter yang akan dikembangkan di dalam RPP disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, guru mengidentifikasi nilai yang ada pada kompetensi inti dan kompetensi dasar untuk dikembangkan menjadi tujuan pembelajaran, dan langkah-langkah pembelajaran. Muatan nilai-nilai karakter terdapat pada kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Nilai-nilai karakter termuat dalam materi yang diajarkan, metode yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran yaitu metode diskusi untuk menanamkan nilai gotong royong, tanya jawab untuk menanamkan nilai mandiri, dan penugasan dengan pemberian lembar kegiatan peserta didik berupa lembar kegiatan individu dan kelompok. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan untuk mengetahui muatan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran yaitu melakukan penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan sesuai dengan rubrik penilaian yang tertulis di dalam RPP. Upaya yang dilakukan guru kelas untuk menindaklanjuti hasil evaluasi mengenai karakter yaitu memberikan reward apabila peserta didik menunjukkan karakter yang baik, sedangkan untuk karakter yang kurang baik akan diberikan sanksi yang mendidik. Diharapkan Kepala sekolah dapat mengikut sertakan para guru untuk mengikuti pelatihan- pelatihan yang dapat membatu mengembangkan skill para guru. Dan semua guru lebih memberikan apresiasi apabila siswa menunjukkan karakter positif. Selain itu untuk lebih menanamkan karakter nasionalis dalam diri siswa, guru disarankan untuk lebih sering didalam memperkenalkan budaya Indonesia di awal atau di akhir pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7010

Actions (login required)

View Item View Item