Penerapan model PBL untuk meningkatkan hasil belajar keragaman suku bangsa dan agama di negeriku siswa kelas IV SDN 1 Panggunguni Tulungagung / Peni Kusumastuti

Kusumastuti, Peni (2019) Penerapan model PBL untuk meningkatkan hasil belajar keragaman suku bangsa dan agama di negeriku siswa kelas IV SDN 1 Panggunguni Tulungagung / Peni Kusumastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Kusumastuti, Peni. 2019. Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Siswa Kelas IV SDN 1 Panggunguni Tulungagung. Skripsi Prodi S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Suminah, S.Pd, M.Pd, (II) Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M.Pd. Kata Kunci: peningkatan hasil belajar, keragaman suku bangsa dan agama di negeriku, model pbl. Hasil observasi yang dilakukan terhadap pembelajaran PPKn pada siswa kelas IV SDN 1 Panggunguni Tulungagung adalah sebagai berikut: (1) dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan penugasan, (2) guru belum menerapkan nilai-nilai sikap pada siswa, (3) siswa ramai sendiri pada saat kegiatan pembelajaran dan pasif dalam mengikuti pembelajaran, (4) siswa kurang memahami isi materi keragaman suku bangsa dan agama karena cakupan materi yang luas, serta kurangnya rasa ingin tahu siswa terhadap materi membuat siswa malas mencari informasi sendiri (5) hasil belajar siswa dari 15 siswa terdapat 5 siswa yang mendapat nilai di atas KKM dan 10 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model PBL pada pembelajaran keragaman suku bangsa dan agama di negeriku, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku menggunakan model PBL. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan tes. Aktivitas dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dengan menerapkan model PBL, diperoleh hasil terjadi peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Siklus I aktivitas guru sebesar 80,5% dan siklus II menjadi 97,2%. Aktivitas siswa siklus I sebesar 64,0% dan siklus II menjadi 83,3%. Sedangkan hasil belajar siswa aspek pengetahuan siklus I sebesar 46,6% dan siklus II menjadi 86,7%, pada siklus II terdapat 2 siswa yang belum mencapai KKM. Hasil belajar aspek sikap siklus I sikap yang sering muncul adalah bersikap syukur dan siklus II sikap yang sering muncul adalah kerjasama. Hasil belajar siswa aspek keterampilan mengalami peningkatan yaitu siswa dapat menyajikan hasil diskusi dengan suara lantang, isi yang disampaikan jelas dan tepat, serta tidak ada kesalahan kata. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model PBL dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku siswa kelas IV SDN 1 Panggunguni Tulungagung. Oleh sebab itu disarankan untuk guru dapat menerapkan model PBL dalam pembelajaran sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam hal berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7008

Actions (login required)

View Item View Item