Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita matematika materi bilangan berdasarkan kategori kesalahan Watson pada siswa kelas IV SD di Kecamatan Kepanjenkidul Blitar / Irma Evriyanti

Evriyanti, Irma (2019) Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita matematika materi bilangan berdasarkan kategori kesalahan Watson pada siswa kelas IV SD di Kecamatan Kepanjenkidul Blitar / Irma Evriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Evriyanti, Irma. 2019. Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Bilangan Berdasarkan Kategori Kesalahan Watson Pada Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Yuniawatika, S.Pd., M.Pd., (II) Drs. Suhel Madyono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: soal cerita, bilangan, kategori kesalahan Watson Bilangan merupakan ruang lingkup matematika yang cakupan materinya paling luas. Banyak siswa yang mengalami kesulitan menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa kelas IV Kepanjenkidul Blitar dalam menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan kategori kesalahan Watson. Kategori kesalahan menurut Watson ada 8, yaitu data tidak tepat (id), prosedur tidak tepat (ip), data hilang (od), kesimpulan hilang (oc), konflik level respon (rlc), manipulasi tidak langsung (um), masalah hierarki keterampilan (shp), dan selain ketujuh kategori (ao). Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah nilai hasil tes tulis siswa kelas IV dan hasil wawancara. Soal tes tertulis diujikan kepada siswa kelas IV SDN Bendo 2, SDN Kauman 1, dan SDN Kauman 2 dengan total 93 siswa. Selain tes tertulis, juga dilakukan wawancara dengan perwakilan siswa dari masing-masing kelompok. Setelah hasil tes dinilai dan melaksanakan wawancara, maka dilakukan analisis data mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesalahan siswa SDN Bendo 2 dalam menyelesaikan soal cerita menurut kategori Watson secara umum tergolong cukup tinggi antara 8%-58%, persentase kesalahan siswa SDN Kauman 1 dan SDN Kauman 2 antara 31%-60% tergolong tinggi. Hasil kesimpulan yang diperoleh di kecamatan Kepanjenkidul secara umum kesalahan siswa masih tergolong tinggi karena dari 8 kategori kesalahan terdapat 4 kategori yang persentasenya tinggi yaitu data tidak tepat, prosedur tidak tepat, manipulasi tidak langsung, dan masalah hierarki keterampilan. Kesalahan paling banyak terjadi pada kategori manipulasi tidak langsung yaitu 60%. Secara umum penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu kerena siswa kurang memahami maksud soal, salah memasukkan rumus dan nilai variabel, salah melakukan proses penghitungan, kurang teliti baik itu saat membaca soal, dan tidak menuliskan jawaban. Berdasarkan hasil analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita terkait materi bilangan dan masih tingginya persentase kesalahan yang dilakukan, maka guru sebaiknya menanamkan konsep bilangan sejak dini baik itu berhubungan dengan rumus maupun pada operasi hitungnya. Selain itu, sebaiknya guru juga lebih sering melatih siswa untuk menyelesaikan soal-soal matematika, khususnya yang berbentuk soal cerita. Sehingga siswa akan mudah untuk menyelesaikan soal-soal cerita matematika pada materi-materi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7007

Actions (login required)

View Item View Item