Peningkatan hasil belajar menulis teks melalui model guided discovery pada siswa kelas II C SDN Nglegok 1 Kabupaten Blitar / Annisa Nur Azizah

Azizah, Annisa Nur (2019) Peningkatan hasil belajar menulis teks melalui model guided discovery pada siswa kelas II C SDN Nglegok 1 Kabupaten Blitar / Annisa Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Azizah, Annisa Nur. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks melalui Model Guided Discovery pada Siswa Kelas II C SDN Nglegok 1 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Lilik Bintartik, M.Pd., (II) Arda Purnama Putra, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Menulis Teks, Model Guided Discovery Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas II C SDN Nglegok 1 Kabupaten Blitar, ditemukan permasalahan antara lain, hasil belajar siswa tentang menulis dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal sebanyak 76% siswa dari keseluruhan siswa, dan pembelajaran berpusat pada guru, siswa masih belum terlibat aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model Guided Discovery dan mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa menulis teks dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan meliputi empat tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Data yang diperlukan yaitu data proses meliputi aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta data hasil yang meliputi aspek pengetahuan dan keterampilan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran menggunakan model Guided Discovery sebesar 100% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan persentase ketuntasan belajar klasikal yang dicapai sebesar 84% dengan kriteria baik dan untuk aspek keterampilan siswa persentase ketuntasan yang diperoleh sebesar 88% dengan kriteria baik. Penerapan model pembelajaran Guided Discovery dapat meningkatkan hasil belajar menulis teks pada siswa kelas II C SDN Nglegok 1 Kabupaten Blitar. Dengan demikian, model pembelajaran Guided Discovery dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang digunakan guru ketika pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7006

Actions (login required)

View Item View Item