Analisis pelaksanaan pendidikan multikultural di SDN Bunulrejo 2 Kota Malang pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 / Maulidinah Riza Mufidah

Mufidah, Maulidinah Riza (2019) Analisis pelaksanaan pendidikan multikultural di SDN Bunulrejo 2 Kota Malang pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 / Maulidinah Riza Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Mufidah, Maulidinah Riza. 2019. Analisis Pelaksanaan Pendidikan Multikultural di SDN Bunulrejo 2 Kota Malang pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sutarno, M.Pd., (II) Drs. Heru Agus Triwidjaja, M.Pd. Kata Kunci: pelaksanaan, pendidikan multikultural, sekolah dasar Pendidikan multikultural adalah kegiatan pembelajaran yang mengutamakan berbagai perbedaan dalam keberagaman usia, gender, agama, status sosial ekonomi, jenis identitas, budaya, bahasa, ras, dan berkebutuhan khusus sehingga dapat menciptakan kesetaraan dan toleransi untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan. Dewasa ini, pendidikan multikultural diperlukan di sekolah guna membentengi siswa dari pengaruh negatif globalisasi sehingga tidak meninggalkan budaya bangsa sendiri. SDN Bunulrejo 2 Kota Malang merupakan salah satu sekolah dasar yang memiliki siswa majemuk sehingga cocok untuk diterapkan pendidikan multikultural. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan perencanaan pendidikan multikultural, pelaksanaan pendidikan multikultural, penilaian dalam pembelajaran berwawasan multikultural, serta hambatan dalam pelaksanaan pendidikan multikultural. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif untuk mengungkapkan fakta tentang pelaksanaan pendidikan multikultural di SDN Bunulrejo 2 Kota Malang. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV dan V. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar observasi, angket tertutup, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan mengelompokkan data, kemudian menyajikan data dan terakhir penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan pengujian credibility berupa perpanjangan waktu dan triangulasi dan pengujian confirmability berupa pencocokan data dengan proses yang telah dilaksanakan oleh peneliti yang berupa foto dan catatan lapangan. Berdasarkan temuan peneliti, diperoleh hasil penelitian bahwa perencanaan pendidikan multikultural di SDN Bunulrejo 2 Kota Malang berupa RPP Tematik yang memuat materi budaya dalam tema tertentu. Pelaksanaan pendidikan multikultural di SDN Bunulrejo 2 Kota Malang aspek pembelajaran berbasis budaya yang muncul adalah belajar tentang budaya dalam kegiatan pembelajaran, belajar melalui budaya dalam kegiatan perayaan Hari-Hari Besar, serta belajar berbudaya dalam kegiatan pembiasaan. Penilaian pembelajaran berwawasan multikultural di SDN Bunulrejo 2 Kota Malang berupa penilaian kognitif berupa tes formatif dan penilaian psikomotor berupa produk dari siswa. Hambatan dalam pelaksanaan pendidikan multikultural di SDN Bunulrejo 2 Kota Malang yang muncul adalah hambatan internal yakni hambatan dari pelaksana pendidikan multikultural, dalam hal ini adalah guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7005

Actions (login required)

View Item View Item