Implementasi model pembelajaran picture and picture untuk meninkatkan aktivitas dan hasil belajar di kelas IV SDN 1 Karanglo-Lor Sukorejo Ponorogo / Risa Eka Oktaviani

Oktaviani, Rise Eka (2019) Implementasi model pembelajaran picture and picture untuk meninkatkan aktivitas dan hasil belajar di kelas IV SDN 1 Karanglo-Lor Sukorejo Ponorogo / Risa Eka Oktaviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Oktaviani, Rise Eka. 2019. Implementasi Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar di Kelas IV SDN 1 Karanglo-lor Sukorejo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dimyati, S.Pd, M.Pd., (II) Ni Luh Sakinah Nuraini, S,Pd, M.Pd. Kata Kunci: model pembelajaran picture and picture, aktivitas belajar, hasil belajar Model pembelajaran picture and picture merupakan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk menyampaikan materi kepada peserta didik menggunakan media pembelajaran berupa gambar yang dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan yang logis sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Siswa diharapkan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dan mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan bahwa: (1) aktivitas guru masih terbatas pada menjelaskan materi, tanya jawab dan pemberian tugas, (2) aktivitas siswa hanya mendengarkan penjelasan guru, melakukan tanya jawab dan mengerjakan tugas, (3) hasil belajar siswa masih menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimum/KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IV di SDN 1 Karanglo-lor Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo, mendeskripsikan aktivitas siswa saat implementasi model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IV di SDN 1 Karanglo-lor Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo, mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IV di SDN 1 Karanglo-lor Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Karanglo-lor Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo dengan subjek penelitian 17 siswa. Hasil penelitian diketahui bahwa dalam implementasi model pembelajaran picture and picture sudah terlaksana dengan baik, sesuai langkah-langkah dalam model pembelajaran picture and picture. Aktivitas belajar siswa pada tema 6 subtema 1 materi daur hidup hewan meningkat dari siklus I ketuntasan klasikal siwa sebanyak 10 siswa atau 58,75%. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau mencapai 88,23%. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Dari 8 siswa yang tuntas atau 47,05% menjadi 14 siswa yang tuntas atau 82,35%. Dari hasil penelitian, disarankan bagi guru agar dapat mengimplementasikan model pembelajaran picture and picture sesuai dengan langkah-langkah yang benar dan runtut, sehingga diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk peneliti lain disarankan untuk meningkatkan hasil yang lebih baik lagi dari penelitian ini, sehingga penelitian tentang implementasi model pembelajaran picture and picture lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7004

Actions (login required)

View Item View Item