Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa materi pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas III SDN Babadan Pace Nganjuk / Nadya Nur Afifah

Afifah, Nadya Nur (2019) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa materi pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas III SDN Babadan Pace Nganjuk / Nadya Nur Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Afifah, Nadya Nur. 2019. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kelas III SDN Babadan Pace Nganjuk. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ni Luh Sakinah Nuraini, S.Pd., M.Pd., (II) Dra. Sukamti, M.Pd. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Hasil observasi saat dilakukan pra tindakan di SDN Babadan Pace Nganjuk menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran matematika berlangsung guru hanya menerangkan di papan tulis atau hanya menggunakan metode ceramah, setelah itu siswa diberi tugas. Dalam pembelajaran guru belum menerapkan model pembelajaran yang mengajak siswa untuk aktif, sehingga siswa kurang dapat memahami materi yang disampaikan. Berdasarkan hasil evaluasi akhir yang telah dilakukan oleh guru pada pelajaran matematika, didapatkan hasil dari 18 siswa hanya 9 siswa yang tuntas dalam pelajaran matematika dan 9 siswa yang belum tuntas. Dengan persentase ketuntasan klasikal yaitu 50%. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran pecahan sederhana pada siswa kelas III, (2) menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa kelas III, (3) menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan sederhana pada siswa kelas III. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model dari Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi dan perbaikan rencana. Pelaksanaan penelitian ini dalam setiap siklus adalah dua kali pertemuan dengan durasi waktu 2x35 menit. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah 18 anak. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 mendapatkan persentase 44% dengan kriteria kurang dan pada pertemuan 2 mendapatkan persentase 56% dengan persentase kurang. kemudian pada siklus II pertemuan 1 mendapatkan persentase 79% dengan kriteria cukup sedangkan pertemuan 2 mendapatkan persentase 85% dengan kriteria baik. Kemudian untuk hasil belajar persentase ketuntasan klasikal sebelum dilakukan tindakan yaitu 50%, lalu setelah dilakukan tindakan ketuntasan klasikal siswa pada siklus I pertemuan I mencapai 71% dengan kriteria baik dan pada pertemuan II mencapai 79% dengan kriteria baik. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 mencapai 86% dengan kriteria sangat baik dan pada pertemuan II meningkat sebesar 93% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7003

Actions (login required)

View Item View Item