Peningkatan hasil belajar materi hak, kewajiban dan tangung jawab melalui model problem based learning pada siswa kelas V SDN 1 Kerjo Trenggalek / Irma Dwi Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar materi hak, kewajiban dan tangung jawab melalui model problem based learning pada siswa kelas V SDN 1 Kerjo Trenggalek / Irma Dwi Utami

Utami, Irma Dwi (2019) Peningkatan hasil belajar materi hak, kewajiban dan tangung jawab melalui model problem based learning pada siswa kelas V SDN 1 Kerjo Trenggalek / Irma Dwi Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Utami Irma Dwi. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Materi Hak Kewajiban dan Tanggung Jawab Sebagai Masyarakat Melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SDN 1 Kerjo Kabupaten Trenggalek. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suhel Madyono S.Pd M.Pd (II) Dra.Sri Murdiyah M.Pd. Kata Kunci peningkatan hasil belajar hak kewajiban tanggung jawab model PBL Hasil observasi yang dilakukan di kelas V SDN 1 Kerjo terdapat permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran PKn antara lain 1) aktivitas guru dalam pembelajaran masih bersifat konvensional (2) siswa belum terlibat aktif dalam proses pembelajaran (3) guru belum menerapkan kegiatan belajar kelompok dan (4) hasil belajar siswa pada kegiatan pratindakan dari 16 siswa terdapat 6 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model PBL pada proses pembelajaran PKn materi hak kewajiban dan tanggungjawab (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn materi hak kewajiban dan tanggungjawab menggunakan model PBL. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan pada setiap siklusnya yang meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Kerjo Kabupaten Trenggalek sebanyak 16 siswa. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan model PBL terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa serta peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase aktivitas guru sebesar 94 4% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 86 7% dan meningkat pada siklus II menjadi 96 1%. Sedangkan pada hasil belajar aspek pengetahuan siswa pada siklus I sebesar 56 25% dan meningkat pada siklus II menjadi 87%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model PBL dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn materi hak kewajiban dan tanggung jawab pada siswa kelas V SDN 1 Kerjo Kabupaten Trenggalek. Oleh sebab itu disarankan untuk guru dapat menerapkan model PBL dalam pembelajaran sebagai salah satu alternatif dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7001

Actions (login required)

View Item View Item