Studi komparasi pemanfaatan komputer dalam pembelajaran antara sekolah dasar negeri dan sekolah dasar swasta di Banjarmasin / Dewi Prataning Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komparasi pemanfaatan komputer dalam pembelajaran antara sekolah dasar negeri dan sekolah dasar swasta di Banjarmasin / Dewi Prataning Sari

Sari, Dewi Prataning (2010) Studi komparasi pemanfaatan komputer dalam pembelajaran antara sekolah dasar negeri dan sekolah dasar swasta di Banjarmasin / Dewi Prataning Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Dewi Prataning. 2009. Studi Komparasi Pemanfaatan Komputer Dalam Pembelajaran Antara Sekolah Dasar Negeri Dan Sekolah Dasar Swasta Di Banjarmasin. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. AJE. Toenlioe M.Pd. (2) Drs. Abdul Manan M.Pd. Kata kunci pemanfaatan komputer pembelajaran studi komparasi. Saat ini banyak teknologi yang bermunculan dan masuk ke Negara Indonesia khususnya dalam bidang pendidikan. Pendidikan di Indonesia telah memanfaatkan berbagai teknologi termasuk di Banjarmasin beberapa teknologi telah banyak dimanfaatkan di beberapa sekolah dasar negeri dan swasta terutama teknologi komputer. Menurut opini dari sebagian masyarakat media yang diberikan pada Sekolah Dasar swasta lebih lengkap jika dibandingkan dengan Sekolah Dasar negeri sehingga mereka lebih memilih menyekolahkan anak-anak mereka ke Sekolah Dasar swasta. Sekolah Dasar Swasta dan Sekolah Dasar Negeri harus memiliki kualitas yang sama dan seimbang agar pendidikan di daerah Banjarmasin lebih baik. Untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang penggunaan komputer antara sekolah dasar negeri dan swasta khususnya di sini peneliti ingin membedakan pemanfaatan media komputer dalam pembelajaran antara Sekolah Dasar negeri dan Swasta. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan apakah ada perbedaan pemanfaatan komputer dalam menunjang proses pembelajaran bagi siswa antara sekolah dasar negeri dan sekolah dasar swasta (2) mendeskripsikan apakah ada perbedaan pemanfaatan komputer dalam menunjang proses pembelajaran bagi guru antara sekolah dasar negeri dan swasta. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh sekolah dasar dan swasta di Banjarmasin. Seluruh siswa kelas 4 dan 5 sekolah di atas berjumlah 717 orang dan seluruh guru sekolah di atas berjumlah 137 orang. Dari populasi tersebut diambil sampel (purposive sampling) untuk sekolah dan (random sampling) untuk guru dan siswa sebanyak 25 % dari total jumlah guru dan siswa yang akhirnya diperoleh 180 siswa (dengan rincian setiap kelas diambil 9 siswa) dan 40 guru (dengan rincian setiap sekolah diambil 4 guru). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif kuantitatif dengan teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan pemanfaatan komputer dalam menunjang proses pembelajaran bagi siswa antara sekolah dasar negeri dan sekolah dasar swasta ini dilihat dari segi dampak psikologi yang ditimbulkan (2) Ada perbedaan pemanfaatan komputer dalam menunjang proses pembelajaran bagi guru antara sekolah dasar negeri dan sekolah dasar swasta ini dilihat dari segi bantuan pelaksanaan mengajar. Dari hasil temuan penelitian ini dapat disampaikan beberapa saran yaitu (1) Diusahakan agar tidak ada perbedaan pemanfaatan komputer dalam menunjang proses pembelajaran bagi siswa antara sekolah dasar negeri dan i sekolah dasar swasta dalam mencapai tujuan pembelajaran (2) Diusahakan agar tidak ada perbedaan pemanfaatan komputer dalam menunjang proses pembelajaran bagi guru antara sekolah dasar negeri dan sekolah dasar swasta dalam mencapai tujuan pembelajaran (3) bagi peneliti selanjutnya yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya untuk mengembangkan penelitiannya kepada penelitian pengembangan agar hasil penelitian dapat menjadi masukan dalam menciptakan suasana proses belajar mengajar yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item View Item