Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran oleh guru dan siswa pada mata pelajaran fisika di SMAN 3 Malang / oleh Intan Murni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran oleh guru dan siswa pada mata pelajaran fisika di SMAN 3 Malang / oleh Intan Murni

Intan Murni (2009) Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran oleh guru dan siswa pada mata pelajaran fisika di SMAN 3 Malang / oleh Intan Murni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran tidak terlepas dari pemanfaatan media sebagai sumber belajar. Tanpa penggunaan media tidak mungkin proses tersebut dapat berlangsung dengan baik. Internet sebagai media informasi yang mampu menembus batas ruang dan waktu memiliki banyak potensi yang dapat mendukung proses pendidikan yang lebih baik. Banyaknya informasi yang tersedia dapat menjadi literatur untuk memperluas wawasan. Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran merupakan salah satu komponen sumber belajar dan sekaligus merupakan bentuk pemecahan masalah belajar yang dapat dianggap sebagai suatu hal baru. Fenomena ini diharapkan mampu menjadi solusi atas problematika yang terjadi selama ini seperti keterbatasan tenaga jarak letak geografis biaya yang tinggi dan waktu belajar yang terbatas. Keberadaan internet dalam dunia pendidikan telah merespon guru dan siswa untuk memanfaatkan media ini sebagai alternatif media dalam proses pembelajaran sehingga dalam penelitian ini masalah yang dikemukakan adalah (1) Bagaimanakah pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran fisika oleh guru di SMAN 3 Malang (2) Bagaimanakah pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran fisika oleh siswa di SMAN 3 Malang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran fisika oleh guru di SMAN 3 Malang (2) Mendeskripsikan pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran fisika oleh siswa di SMAN 3 Malang. Penelitian ini digolongkan dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan survai. Metode pengumpulan data menggunakan angket observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian siswa SMA Negeri 3 Malang dan guru mata pelajaran fisika dengan jumlah respondern sebanyak 81 siswa dan 6 orang guru. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan rumus prosentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat dikemukakan bahwa (1) Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran fisika oleh siswa dilihat dari frekuensi pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran yang ada sering dimanfaatkan dalam jangka waktu 3-4 kali dalam satu minggu untuk proses pembelajaran. Adapun situs yang sering dikunjungi untuk mata pelajaran fisika adalah www.fisika asyik. com. Pemanfaatan internet sangat relevan dengan mata pelajaran fisika dan membantu mereka menemukan mencari tahu tentang fakta dan fenomena yang sedang berkembang didunia dari belahan bumi manapun. Selanjutnya internet memberikan kontribusi yang besar dalam proses pembelajaran sehingga tingkat efektifitas pemanfaatan internet berpengaruh terhadap motivasi dan prestasi belajar dari siswa tersebut. (2) Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran fisika oleh guru dilihat dari frekuensi pemanfaatan internet seringkali digunakan sebagai salah satu alternatif media dalam mengembangkan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Hal ini ditunjukkan dengan kunjungan yang terjadi sekitar 3-4 kali dalam satu minggu sebanyak 50%. Data yang ada menunjukkan 66 6% dari responden menyatakan sering memanfaatkan internet untuk proses pembelajaran dalam rentang waktu hanya sekitar 2 jam untuk sekali pengaksesan. Adapun situs yang sering dikunjungi terkait dengan mata pelajaran fisika adalah www.fisikaasyik.com yang menunjukkan angka terbesar dalam frekuensi kunjungan 3-4 kali selama satu minggu (61 7%). Dalam relevansi internet sebagai media pembelajaran guru memanfaatkan seutuhnya untuk kebutuhan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran fisika. Hal ini didukung dengan seluruh responden guru (100%) menyatakan pemanfaatan internet relevan dengan pembelajaran sehingga peran internet sangat memberikan kontribusi dalam berlangsungnya proses pembelajaran. Selanjutnya efek yang ditimbulkan dengan memanfaatakan internet sebagai media pembelajaran 83 3% atau sekitar 5 dari 6 responden menyatakan berpengaruh dalam meningkatkan motivasi dalam mengajar. Dari hasil penelitian ini dapat diajukan beberapa saran yaitu bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan yang dapat membantu memperkaya ilmu pengetahuan bagi guru diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatakan internet dalam proses pembelajaran sebagai media yang mampu membantu memecahkan masalah dalam proses pembelajaran dan pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan sekolahpun tidak luput untuk terus menfasilitasi segala bentuk media yang dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7

Actions (login required)

View Item View Item