Peningkatan keterampilan memaparkan informasi penting dari teks narasi sejarah melalui model time token pada siswa kelas V SDIT Nuurul Fikri Kampak Trenggalek / Widya Ariyantama - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan memaparkan informasi penting dari teks narasi sejarah melalui model time token pada siswa kelas V SDIT Nuurul Fikri Kampak Trenggalek / Widya Ariyantama

Ariyantama, Widya (2019) Peningkatan keterampilan memaparkan informasi penting dari teks narasi sejarah melalui model time token pada siswa kelas V SDIT Nuurul Fikri Kampak Trenggalek / Widya Ariyantama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariyantama Widya. 2019. Peningkatan Keterampilan Memaparkan Informasi Penting dari Teks Narasi Sejarah Melalui Model Time Token Pada Siswa Kelas V SDIT Nuurul Fikri Kampak Trenggalek. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tri Murti S.Pd. M.Pd. (II) Dra. Sutansi M.Pd. Kata Kunci peningkatan keterampilan memaparkan informasi penting teks narasi sejarah model Time Token Permasalahan yang ditemui di kelas V berdasarkan hasil wawancara dan observasi diketahui bahwasannya (1) siswa kurang paham dengan isi dari teks bacaan yang dipaparkan sehingga menyebabkan siswa kurang lancar dan tersendat-sendat saat memaparkan informasi (2) kurangnya waktu yang diberikan oleh guru kepada siswa untuk berlatih memaparkan informasi sehingga menyebabkan siswa kurang memahami informasi yang akan dipaparkan (3) Guru belum memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk memaparkan hasil klasifikasi informasi di depan kelas. Alternatif perbaikan yang dipilih adalah diterapkannya model time token pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan model time token pada keterampilan memaparkan informasi penting dari teks narasi sejarah dan mendiskripsikan peningkatan keterampilan siswa melalui model time token. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDIT Nuurul Fikri Kampak sebanyak 12 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik wawancara observasi tes performence memaparkan informasi catatan lapangan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan model Time Token terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa serta peningkatan hasil nilai keterampilan. Pada siklus I persentase aktivitas guru sebesar 93 75% predikat ketuntasan sangat baik meningkat pada siklus II menjadi 100% dengan predikat ketuntasan sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 86 5% predikat ketuntasan baik meningkat pada siklus II sebesar 94 5% predikat ketuntasan sangat baik. Hasil nilai keterampilan siswa pada siklus I sebesar 69 dengan persentase ketuntasan 33% predikat ketuntasan kurang sekali. Pada siklus II nilai rata-rata hasil keterampilan siswa meningkat yaitu sebesar 83 dengan persentase ketuntasan klasikal 83% dengan persentase ketuntasan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Time Token dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta hasil nilai keterampilan memaparkan informasi penting dari teks narasi sejarah. Oleh sebab itu disarankan bagi guru untuk menerapkan model time token sebagai solusi untuk meningkatkan hasil keterampilan memaparkan informasi penting dari teks narasi sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6999

Actions (login required)

View Item View Item