Penerapan model Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar soal cerita bangun ruang siswa kelas V SDN Talun 2 Kabupaten Blitar / Lunggi Tining Tiyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar soal cerita bangun ruang siswa kelas V SDN Talun 2 Kabupaten Blitar / Lunggi Tining Tiyas

Tiyas, Lunggi Tining (2019) Penerapan model Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar soal cerita bangun ruang siswa kelas V SDN Talun 2 Kabupaten Blitar / Lunggi Tining Tiyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Tiyas Lunggi Tining. 2019. Penerapan Model Realistic Mathematics Educaton (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V SDN Talun 2 Kabupaten Blitar.Skripsi Prodi S 1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd (II) Yuniawatika S.Pd M.Pd. Kata Kunci soal cerita kubus dan balok model Realistic Mathematics Educaton (RME) Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas V SDN Talun 2 Kabupaten Blitar pada saat pratindakan diketahui guru belum menyampaikan apersepsi materi dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari. Hasil belajar siswa mata pelajaran matematika masih rendah terutama pada pemahaman soal cerita. Hal ini dibuktikan dari data hasil belajar siswa rata-rata kelas yaitu 53 dengan jumlah siswa yang tuntas sebesar 6 siswa (21%). Rendahnya perolehan hasil belajar siswa karena model pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik siswa tahapan-tahapan penyelesaian soal cerita belum diajarkan selain itu siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Permasalahan ini dapat diatasi dengan menerapkan model Realistic Mathematics Educaton (RME). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan penerapan model RME dalam meningkatkan hasil belajar soal cerita bangun ruang (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa soal cerita materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penggumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 79% dengan kriteria cukup baik siklus II meningkat menjadi 96% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan persentasen aktivitas siswa pada siklus I sebesar 77% dengan kritetia cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 90% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 59% dengan kriteria cukup meningkat pada siklus II menjadi 94% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar aspek keterampilan pada siklus I mencapai 64% dengan kriteria kurang dan meningkat pada siklus II sebesar 87% dengan kriteria baik. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Realistic Mathematics Educaton (RME) dapat dilaksanakan guru dan diikuti siswa dengan sangat baik serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi Volume bangun ruang dalam bentuk soal cerita pada kelas V SDN Talun 2 Kabupaten Blitar. Untuk itu diharapkan guru dapat menerapkan model Realistic Mathematics Educaton (RME ) ini dalam pembelajaran mata pelajaran matematika agar keterlaksanaan pembejaran dan hasil belajar siswa bisa lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6996

Actions (login required)

View Item View Item