Peningkatan hasil belajar meringkas teks eksplanasi melalui model quantum teaching pada siswa kelas V SDN Karanggayam 01 Kabupaten Blitar / Putri Anisaul Jannati

Jannati, Putri Anisaul (2019) Peningkatan hasil belajar meringkas teks eksplanasi melalui model quantum teaching pada siswa kelas V SDN Karanggayam 01 Kabupaten Blitar / Putri Anisaul Jannati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGAKASAN Jannati, Putri Anisaul. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Meringkas Teks Eksplasi melalui Model Quantum Teaching pada Siswa Kelas V SDN Karanggayam 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sutansi, M.Pd., (II) Dra. Tri Murti, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: peningkatan hasil belajar, meringkas, model quantum teaching Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Karanggayam 01 Kabupaten Blitar diketahui siswa mengalami kesulitan dalam meringkas teks eksplanasi. Kesulitan tersebut disebabkan kurangnya bimbingan guru dalam kegiatan menulis ringkasan serta langkah meringkas yang dijelaskan oleh guru kurang lengkap. Hal tersebut mengakibatkan ketuntasan hasil belajar siswa materi meringkas teks eksplanasi hanya 37%, dengan rata-rata kelas 65,51. Permasalahan ini dapat diatasi salah satunya dengan menerapkan model quantum teaching. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar meringkas teks eksplanasi, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa materi meringkas teks eksplanasi melalui model quantum teaching. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan menjadi 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri 4 tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 82,5% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 100% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 76% dengan kriteria cukup meningkat pada siklus II menjadi 91,5% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 74% dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II menjadi 94% sangat baik. Hasil belajar aspek keterampilan pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 74% cukup. Pada siklus II meningkat menjadi 92,5% sangat baik. Aspek sikap yang sering muncul pada siklus I adalah sikap bekerja sama dengan kriteria baik dan pada siklus II sikap yang sering muncul adalah sikap cermat dengan kriteria sangat baik. Kesimpulannya penerapan model quantum teaching dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa materi meringkas teks eksplanasi. Sehingga disarankan untuk guru menerapkan model quantum teaching dalam pembelajaran meringkas maupun dalam pembelajaran lain, agar pembejaran dan hasil belajar siswa bisa lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6995

Actions (login required)

View Item View Item