Implementasi model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar materi identifikasi faktor penyebab penjajahan bangsa Indonesia di kelas V SDN Karangtengah 3 Kota Blitar / Indah Desiana Putri

Putri, Indah Desiana (2019) Implementasi model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar materi identifikasi faktor penyebab penjajahan bangsa Indonesia di kelas V SDN Karangtengah 3 Kota Blitar / Indah Desiana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Putri, Indah Desiana. 2019. Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Identifikasi Faktor Penyebab Penjajahan Bangsa Indonesia di Kelas V SDN Karangtengah 3 Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Suminah, S.Pd., M.Pd., (II) Esti Untari, M.Pd. Kata Kunci: implementasi, model pbl, sekolah dasar Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SDN Karangtengah 3 Kota Blitar bahwa pembelajaran materi IPS, guru menggunakan metode ceramah, penugasan dan tanya jawab tanpa media pembalajaran yang mendukung serta guru hanya menggunakan buku siswa dan buku guru sebagai sumber belajar. Hal ini dapat berdampak pada munculnya sikap pasif siswa dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran IPS yang menuntut siswa peka terhadap masalah dan terampil dalam mengatasi masalah tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Kenyataan di lapangan ditemukan bahwa dalam mencari jawaban pada materi IPS siswa masih kesulitan. Kegiatan pembelajaran berpusat pada guru belum melibatkan siswa secara aktif. Guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL. Hasil penelitian berupa tabel dan deskripsi. Ruang lingkup penelitian adalah siswa kelas V SDN Karangtengah 3 Kota Blitar semester 2 tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini terbatas pada tema 7 subtema 1 ÔÇ£Peristiwa Kebangsaan Masa PenjajahanÔÇØ, Berdasarkan hasil penelitian bahwa aktivitas guru pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan sebanyak 13,6%. Aktivitas siswa pada siklus I sampai siklus II mengalamai peningkatan sebanyak 22,8%. Hasil belajar siswa siklus I rata-rata dengan persentase keberhasilan sebesar 55% meningkat pada siklus II sebesar 87,5%. Sikap yang sering muncul pada setiap pertemuan adalah tanggung jawab dan disiplin. Namun, pada akhir siklus II sikap kerja sama mengalami peningkatan. Keterampilan siswa dalam membuat laporan baik dari segi kesesuaian isi, kejelasan kalimat, tulisan, dan penyampaian berkembang. Terbukti pada siklus I pertemuan 1 semula siswa yang mendapat nilai optimal sebanyak 10 siswa meningkat menjadi 16 siswa dari 20 siswa pada akhir siklus II. Berdasarkan persentase penilaian selama kegiatan penelitian pembelajaran dengan menerapkan model PBL mampu mengaktifkan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Siswa mampu merumuskan masalah dan mencari solusi permasalahan melalui kegiatan diskusi kelompok. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar pada materi identifikasi faktor penyebab penjajahan bangsa Indonesia di kelas V SDN Karangtengah 3 Kota Blitar. Oleh karena itu, disarankan bagi guru menggunakan model PBL dalam pembelajaran IPS agar hasil belajar siswa dapat meningkat. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6994

Actions (login required)

View Item View Item