Analisis unsur ekstrinsik nilai Pancasila dalam karangan narasi siswa kelas 4 di SDN Pandanwangi 3 Kota Malang / Ratih Asmarani

Asmarani, Ratih (2019) Analisis unsur ekstrinsik nilai Pancasila dalam karangan narasi siswa kelas 4 di SDN Pandanwangi 3 Kota Malang / Ratih Asmarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Asmarani, Ratih. 2019. Analisis Unsur Ekstrinsik Nilai Pancasila Dalam Karangan Narasi Siswa Kelas 4 Di SDN Pandanwangi 3 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Murtiningsih, M.Pd., (II) Drs. Imam Nawawi, M.Si. Kata Kunci: Unsur Ekstrinsik, Nilai Pancasila, Karangan Narasi Inti latar belakang masalah penelitian ini diawali dengan nilai Pancasila merupakan sebuah nilai yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Pancasila sendiri merupakan ideologi bangsa Indonesia, yaitu berkaitan dengan makna hidup dan nilai-nilai yang menentukan dengan mutlak bagaimana manusia harus hidup dan bertindak. Bahasa Indonesia merupakan salah satu muatan yang ada di sekolah dasar yang bertujuan untuk menanamkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi secara lisan maupun tulisan dengan baik. Narasi merupakan suatu bacaan yang menceritakan sebuah alur peristiwa, melalui sebuah karangan narasi yang dibuat oleh siswa, sesuai dengan peristiwa yang telah dialami siswa tersebut. Inti tujuan yaitu dapat juga difungsikan untuk menanamkan dan mengatahui nilai Pancasila di dalam sebuah karangan narasi yang telah ditulis oleh siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengambil subjek kelas 4, dengan jumlah 35 siswa. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara menjabarkan secara deskriptif nilai Pancasila yang terdapat dalam hasil karangan narasi yang telah ditulis oleh siswa pada lembar mengarang yang telah diberikan oleh peneliti. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, dari 35 siswa hampir semua nilai Pancasila termuat dalam karangan narasi siswa, yaitu nilai ketuhanan ditemukan dalam 33 hasil karangan narasi siswa, nilai kemanusiaan ditemukan dalam 32 hasil karangan narasi siswa, nilai persatuan ditemukan dalam 33 hasil karangan narasi siswa, nilai kerakyatan ditemukan dalam 13 hasil karangan narasi siswa, dan nilai keadilan ditemukan dalam 16 hasil karangan narasi siswa. Inti pembahasan, kesimpulan dan saran dari penelitian ini akni ditemukan sebanyak 233 temuan kalimat yang sesuai dengan nilai Pancasila dalam 35 hasil karangan narasi siswa kelas 4 di SDN Pandanwangi 3 Kota Malang. Sebanyak 33 karangan narasi siswa terdapat 79 kalimat yang mengarah pada nilai ketuhanan (KT), sebanyak 32 karangan narasi siswa terdapat 46 kalimat yang mengarah pada nilai kemanusiaan (KM), sebanyak 33 karangan narasi siswa terdapat 66 kalimat yang mengarah pada nilai persatuan (P), sebanyak 13 karangan narasi siswa terdapat 26 kalimat yang mengarah pada nilai kerakyatan (KR), dan sebanyak 16 karangan narasi siswa terdapat 16 kalimat yang mengarah pada nilai keadilan (KL). Secara garis besar nilai Pancasila telah termuat dalam hasil karangan narasi siswa, peneliti menyarankan agar guru dan sekolah mempertahankan kegiatan yang berhubungan dengan nilai Pancasila. Sehingga penerapan dari nilai Pancasila tersebut nantinya dapat bermanfaat dan dituangkan dalam sebuah karangan narasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6991

Actions (login required)

View Item View Item