Peningkatan keterampilan menulis narasi dengan penggunaan model Think Talk Write (TTW) siswa kelas V di SDN Polehan 2 Malang / Ernawati

Ernawati (2019) Peningkatan keterampilan menulis narasi dengan penggunaan model Think Talk Write (TTW) siswa kelas V di SDN Polehan 2 Malang / Ernawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ernawati. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Penggunaan Model Think Talk Write (TTW) Siswa Kelas V Di SDN Polehan 2 Malang. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ratna Trieka Agustina, S.Pd., M.Pd II) Drs. Suhartono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Karangan Narasi, Model Think Talk Write Menulis merupakan kegiatan mengungkapkan ide, gagasan dan perasaan dalam bentuk tulisan. Keterampilan menulis narasi di kelas V masih rendah. Dibuktikan dengan siswa yang tuntas sebanyak 8 orang dari 32 siswa. Oleh karena itu, perlu penggunaan suatu model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa. Salah satu model yang dapat digunakan adalah think talk write (TTW). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran TTW dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN Polehan 2 Malang dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis dengan menerapkan model pembelajaran TTW pada siswa kelas V di SDN Polehan 2 Malang. Penelitian ini berjenis tindakan kelas. Model pelaksanaan penelitian ini menggunakan PTK Kolaboratif, yaitu peneliti bekerjasama dengan guru kelas V. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, dengan setiap siklus satu pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB yang berjumlah 34 siswa. Siswa kelas VB terdiri dari 14 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif deskripsi dan analisis kuantitatif deskripsi. Penelitian dilakukan pada semester II tahun pelajaran 2018/2019. Tahapan penerapan model TTW, yaitu tahap berpikir (think), siswa berpikir untuk menulis pokok-pokok penting dari bacaan yang bertema lingkungan. Tahap berbicara (talk), siswa berdiskusi mengenai pembuatan peta konsep dari pokok-pokok penting. Tahap menulis (write), siswa menulis karangan dari peta konsep secara individu. Rata-rata hasil keterampilan menulis karangan narasi siswa sebelum dilakukan penelitian, yaitu 65 dengan ketuntasan 25%. Setelah dilakukan penelitian, rata-rata nilai karangan siswa pada siklus I sebesar 70,5 dengan ketuntasan 75%. Sedangkan pada siklus II, rata-rata nilai karangan siswa sebesar 76,7 dengan ketuntasan 90%. Keterampilan menulis narasi siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran TTW.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6986

Actions (login required)

View Item View Item