Muatan nilai-nilai karakter pada kegiatan pembiasaan di SD Negeri Karangbesuki 1 Kecaatan Sukun Kota Malang / Nisa Dallila Farah

Farah, Nisa Dallila (2019) Muatan nilai-nilai karakter pada kegiatan pembiasaan di SD Negeri Karangbesuki 1 Kecaatan Sukun Kota Malang / Nisa Dallila Farah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Farah, Nisa Dallila. 2019. Muatan Nilai-nilai Karakter pada Kegiatan Pembiasaan di SD Negeri Karangbesuki 1 Kecamatan Sukun Kota Malang. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Muchtar, S.Pd, M.Si. (II) Drs. Heru Agus Tri Widjaja, M.Pd. Kata Kunci: nilai-nilai karakter, pembiasaan, sekolah dasar Karakter merupakan sifat mendasar atau perilaku yang dimiliki masing-masing individu dengan berbeda. Karakter dapat terbentuk dari 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu mengacu pada keturunan atau gen atau yang berasal dari diri sendiri. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri, contohnya keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Pada lingkungan sekolah upaya yang dilakukan dalam membentuk kebiasaan positif salah satunya dengan kegiatan pembiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter apa saja yang tampak pada kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan. Tempat penelitian berlangsung di SD Negeri Karangbesuki 1. Kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan di SD tersebut ada 3, yaitu kegiatan rutin, spontan, dan keteladanan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan diolah atau dianalisis menggunakan model Miles and Huberman. Hasil yang didapat dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai karakter yang tampak pada kegiatan rutin yaitu nilai religius dengan subnilai toleransi, persahabatan, mencintai lingkungan, menghargai perbedaan agama dan kepercayaan; nilai nasionalis dengan subnilai cinta tanah air, menghormati keragaman budaya, suku, dan bangsa, menjaga lingkungan, disiplin; nilai mandiri dengan subnilai keberanian, kreatif; nilai integritas dengan subnilai tanggung jawab, keteladanan; dan nilai gotong royong dengan subnilai kerjasama, tolong menolong, anti diskriminasi, sikap kerelawanan, (2) nilai karakter yang tampak pada kegiatan spontan yaitu nilai religius dengan subnilai mencintai lingkungan; nilai nasionalis dengan subnilai menjaga lingkungan, disiplin; nilai mandiri dengan subnilai kreatif, keberanian; nilai integritas dengan subnilai keteladanan, menghargai martabat individu, cinta kebenaran; dan nilai gotong royong dengan subnilai empati, dan (3) nilai karakter yang tampak pada kegiatan keteladanan yaitu nilai nasionalis dengan subnilai taat hukum, disiplin; dan nilai integritas dengan subnilai keteladanan, tanggung jawab, cinta kebenaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6984

Actions (login required)

View Item View Item