Integrasi nilai utama PKK dalam pembelajaran muatan PPKn kelas III SDN Rampal Celaket 2 Kota Malang / Nurul Fatchur Rochman - Repositori Universitas Negeri Malang

Integrasi nilai utama PKK dalam pembelajaran muatan PPKn kelas III SDN Rampal Celaket 2 Kota Malang / Nurul Fatchur Rochman

Rochman, Nurul Fatchur (2019) Integrasi nilai utama PKK dalam pembelajaran muatan PPKn kelas III SDN Rampal Celaket 2 Kota Malang / Nurul Fatchur Rochman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Rochman Nurul Fatchur. 2019. Integrasi Nilai Utama PPK dalam Pembelajaran Muatan PPKn Kelas III SDN Rampal Celaket 2 Kota Malang. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. (II) Dra. Nihayati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Nilai Utama PPK Pembelajaran PPKn Persoalan karakter yang terjadi di lingkungan sekitar telah menunjukkan rapuhnya karakter bangsa untuk membentuk karakter Kementerian Pendidikan Nasional mengembangkan grand design pendidikan karakter. Pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam pembelajaran pada setiap mata pelajaran PPKn merupakan mata pelajaran yang salah satu misinya sebagai pendidikan nilai. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai utama PPK yang diintegrasikan pada pembelajaran dari tahap perencanaan pelaksanaan dan evaluasi muatan PPKn. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Pada tahap analisis data dilakukan serangkaian proses analisis data kualitatif sampai pada interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai utama PPK yaitu religius nasionalis mandiri gotong royong dan integritas dalam tahap perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Nilai karakter yang akan dikembangkan di dalam RPP disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik guru mengidentifikasi nilai yang ada pada kompetensi inti dan kompetensi dasar untuk dikembangkan menjadi tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran. Integrasi nilai utama PPK pada tahap pelaksanaan dilakukan oleh guru dari kegiatan pendahuluan inti dan penutup. Nilai utama PPK juga diintegrasikan ke dalam materi metode model sumber dan media pembelajaran. Integrasi nilai utama PPK pada tahap evaluasi yaitu dengan melakukan penilaian pengetahuan sikap dan keterampilan sesuai dengan rubrik penilaian yang tertulis di dalam RPP dan format penilaian sikap. Upaya yang dilakukan guru kelas untuk menindakanjuti hasil evaluasi mengenai karakter yaitu memberikan reward apabila peserta didik menunjukkan karakter yang tidak baik diberikan teguran dan nasihat berupa bimbingan dan penyuluhan apabila peserta didik menunjukkan karakter yang tidak baik. Penelitian ini merupakan penelitian terhadap proses yang dilakukan oleh guru dalam mengintegrasikan nilai utama PPK ke dalam pembelajaran sehingga untuk selanjutnya dapat dilakukan penelitian sejenis terhadap hasil dari pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6983

Actions (login required)

View Item View Item