Studi penggunaan media pembelajaran tema 6 kelas 4 Sekolah Dasar Negeri di Gugus VIII Kecamatan Sukun Kota Malang / Latifah Eka Pakshi

Pakshi, Latifah Eka (2019) Studi penggunaan media pembelajaran tema 6 kelas 4 Sekolah Dasar Negeri di Gugus VIII Kecamatan Sukun Kota Malang / Latifah Eka Pakshi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Pakshi, Latifah Eka. 2019. Studi Penggunaan Media Pembelajaran Tema 6 Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri di Gugus VIII Kecamatan Sukun Kota Malang. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumanto, M.Pd., (II) Drs.Syaiful Imam, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Sekolah Dasar, Penggunaan Media Pembelajaran. Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 menekankan hasil yang didapat berdasarkan proses pembelajaran dan menuntut keaktifan siswa. Oleh karena itu, diperlukan usaha guru dalam memanfaatkan berbagai sumber-sumber belajar, termasuk media pembelajaran untuk menciptakan suatu pembelajaran yang menyenangkan. Media Pembelajaran merupakan alat bantu dalam kegiatan pembelajaran untuk mengkomunikasikan informasi yang terdapat dalam suatu pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan mengamati penggunaan media pembelajaran oleh guru kelas 4 SD Negeri di Gugus VIII Kecamatan Sukun Kota Malang. Tujuan yang ingin dihasilkan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kecenderungan perencanaan dan penggunaan jenis media pembelajaran serta faktor yang mendukung dan menghambat penggunaan media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangbesuki 1 Malang, SDN Karangbesuki 2 Malang, SDN Karangbesuki 3 Malang dan SDN Karangbesuki 4 Malang. Penelitian ini menghasilkan deskripsi umum dari kecenderungan perencanaa jenis media pembelajaran, kecenderungan penggunanaan jenis media pembelajaran, faktor pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) media pembelajaran yang cenderung direncanakan yaitu jenis media presentasi verbal dengan persentase 36%; (2) media pembelajaran yang cenderung digunakan yaitu media presentase verbal dengan persentase 50% dan dengan persentase 56,25% media pembelajaran yang digunakan guru selama pembelajaran Tema 6 kurang sesuai dengan materi pelajaran yang akan dilaksanakan; (3) faktor yang mendukung penggunaan media pembelajaran yaitu adanya dukungan dari orang tua serta faktor yang menghambat penggunaan media pembelajaran yaitu kurangnya fasilitas media pembelajaran yang disediakan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6982

Actions (login required)

View Item View Item