Penggunaan media dalam pembelajaran tema 6 "Panas dan Perpindahannya" kelas V di SDN Gadingkasri Kota Malang / Rizky Amelia

Amelia, Rizky (2019) Penggunaan media dalam pembelajaran tema 6 "Panas dan Perpindahannya" kelas V di SDN Gadingkasri Kota Malang / Rizky Amelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Amelia, Rizky. 2019.Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Tema 6 ÔÇ£Panas Dan PerpindahannyaÔÇØ Kelas V Di SDN Gadingkasri Kota Malang. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Estu Winahyu, M.Pd., (II) Drs. M. Imron Rosyadi SY., S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Penggunaan, Media, Pembelajaran SD Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran salah satunya dipengaruhi oleh perencanaan penggunaan media. Perencanaan penggunaan media dan pemilihan media merupakan salah satu komponen yang harus direncanakan sebelum pelaksanaan pembelajaran. Pada kenyataanya, belum semua guru memperhatikan perencanaan, pemilihan dan penggunaan media yang baik dan sesuai. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai perencanaan, pemilihan, dan penggunaan media pembelajaran beserta kesulitan guru dalam menerapkan media pembelajaran kelas V di SDN Gadingkasri Kota Malang Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pemilihan, dan penggunaan serta kesulitan penggunaan media dalam pembelajaran tema 6 Panas dan Perpindahannya kelas V di SDN Gadingkasri Kota Malang. Dalam pembelajaran tema 6, kesesuaian antara tujuan pembelajaran dengan media yang direncanakan sangat sesuai sebesar 26%, sesuai sebesar 47%, dan kurang sesuai sebesar 26%. Dalam pemilihan media pembelajaran, kesesuaian pemilihan media dengan tujuan dan materi pembelajaran yang sangat sesuai sebesar 26%, sesuai sebesar 58%, kurang sesuai sebesar 11%, dan tidak sesuai sebesar 5%. Secara keseluruhan, pada saat penggunaan media dalam pembelajaran yang sudah sesuai dengan kriteria penggunaan media yang baik sebanyak 16, sedangkan sebanyak 3 kali penggunaan media kurang sesuai. Kesulitan yang dialami guru yaitu guru mengalami kesulitan dalam pengadaan media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, perencanaan media dalam RPP tema 6, guru sudah melakukan perencanaan media di semua pembelajaran dan sebesar 47% media yang direncanakan sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Secara keseluruhan, pemilihan media yang dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan tujuan dan materi. Penggunaan media dalam pembelajaran tema 6 sudah dilakukan di setiap pembelajaran dengan variasi penggunaan secara klasikal, kelompok, dan perorangan. Guru mengalami kesulitan dalam pengadaan media. Pentingnya penggunaan media dalam pembelajaran, disarankan untuk guru kelas lebih memperhatikan perencanaan dan pemilihan media pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk mengumpulkan data observasi dalam bentuk angket atau system ceck list untuk mempermudah pengumpulan data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6981

Actions (login required)

View Item View Item