Pengembangan multimedia berhitung berbantuan papan interaktif untuk anak usia dini / Adi Wahyudianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia berhitung berbantuan papan interaktif untuk anak usia dini / Adi Wahyudianto

Wahyudianto, Adi (2017) Pengembangan multimedia berhitung berbantuan papan interaktif untuk anak usia dini / Adi Wahyudianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyudianto Adi. 2017. Pengembangan Multimedia Berhitung Berbantuan Papan Interaktif untuk Anak Usia Dini. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd. (II) Yerry Soepriyanto S.T M.T. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Berhitung Papan Interaktif Anak Usia Dini. Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks grafik audio gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggunakan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi berinteraksi berkreasi dan berkomunikasi. Supaya multimedia ini dikembangkan lebih inovatif dan interaktif maka dalam mengembangkan multimedia ini menggunakan papan interaktif. Papan interaktif merupakan sistem yang terdiri dari komputer yang terhubung pada sebuah proyektor atau sebuah papan layar sentuh besar yang menampilkan gambar terproyeksi kemudian gambar tersebut dapat dipindahkan disekitar papan atau berubah bentuk dengan mudah menggunakannya melalui remote dan perangkat peripheral lainnya. Tujuan dari pengembangan multimedia ini adalah untuk menghasilkan suatu produk multimedia berhitung berbantuan papan interaktif yang valid dan efektif yang nantinya digunakan sebagai sarana kegiatan belajar untuk siswa RA-B di RA Ar-Rahman Kediri. Penelitian ini mengunakan model pengembangan William W. Lee dan Diana L. Owens (2004) ada beberapa tahap yang disajikan yaitu tahap analisis/penilaian tahap desain dan tahap pengembangan. Hasil pengembangan multimedia ini telah diujicobakan memperoleh hasil yang dinyatakan valid dan efektif hasil presentasenya adalah sebagai berikut validasi dari ahli media 95% validasi dari ahli materi 96 25% hasil uji coba kelompok kecil 85 71% hasil uji kelompok besar 89 64% sedangkan pada tes hasil belajar memperoleh atau 18 dari 20 siswa telah mencapai STPP. Berdasarkan hasil pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa multimedia ini layak dan efektif digunakan dalam kegiatan belajar. Dalam pemanfaatannya sebaiknya dalam menjalankan multimedia berhitung ini dibutuhkan peran guru dalam memberikan panduan kepada anak sehingga anak mampu menjalankan multimedia berhitung dengan mudah. ABSTRACT Wahyudianto Adi. 2017. Developing an Interactive Whiteboard Assisted Multimedia in Calculating for The Children. Thesis Department of Educational Technology Faculty of Education State University of Malang. Supervisor (I) Dr. Sihkabuden M.Pd. (II) Yerry Soepriyanto ST MT. Keywords Development Multimedia Arithmetic Board Interactive early childhood. Multimedia is the use of computers to create and combine text graphics audio motion pictures (video and animation) using links and tools that allow users to navigate interact create and communicate. In order for this multimedia developed more innovative and interactive then in developing this multimedia using interactive board. An interactive board is a system consisting of a computer connected to a projector or a large touch-screen board that displays a projected image then the image can be moved around the board or easily change using it via remote and other peripheral devices. The purpose of this multimedia development is to produce a multimedia of calculating product assisted by a valid and effective interactive board which will be used as a learning tool for RA-B students in RA Ar-Rahman Kediri. This study uses the development model of William W. Lee and Diana L. Owens (2004) there are several stages presented namely the stage of analysis / assessment design stage and development stage. The result of the development of multimedia have been tested obtained results were declared valid and effective the results of the percentage is as follows validation of expert media 95% validation of expert matter 96.25% the results of the test try to group small 85.71% the results of the test group of large 89.64% Whereas in the learning result test obtained or 18 out of 20 students have reached STPP. Based on the results of this development can be concluded that the multimedia is feasible and effective use in learning activities. In the utilization should be in carrying out the multimedia of calculating is required the role of teachers in providing guidance to children so that children are able to run multimedia counting easily.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/698

Actions (login required)

View Item View Item