Analisis konsepsi siswa kelas IV terhadap konsep daur hidup hewan pada muatan IPA tema Cita-citaku di SDN Mergosono 1 Malang / Suci Qur'ani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis konsepsi siswa kelas IV terhadap konsep daur hidup hewan pada muatan IPA tema Cita-citaku di SDN Mergosono 1 Malang / Suci Qur'ani

Qur'ani, Suci (2019) Analisis konsepsi siswa kelas IV terhadap konsep daur hidup hewan pada muatan IPA tema Cita-citaku di SDN Mergosono 1 Malang / Suci Qur'ani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Qur ani Suci. 2019. Analisis Konsepsi Siswa kelas IV terhadap Konsep Daur hidup hewan pada muatan IPA tema Cita-citaku di SDN Mergosono 1 Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd (II) Drs.Syaiful Imam S.Pd M.Pd. Kata Kunci Analisis Konsepsi daur hidup hewan IPA SD Konsepsi merupakan pemahaman yang dimiliki seseorang terhadap suatu konsep. Siswa memiliki konsepsi yang beragam namun konsepsi dianggap yang benar secara imiah merupakan konsepsi para ilmuwan. Ketidakcocokan konsepsi dengan para ilmuwan merupakan kesalahan konsepsi. Kesalahan konsepsi mudah dialami oleh siswa sekolah dasar. Kesalahan konsepsi yang dialami oleh siswa sekolah dasar salah satunya terjadi pada konsep daur hidup hewan. Oleh sebab itu perlu dilakukan analisis untuk mengetahui konsepsi siswa pada konsepdaur hidup hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan konsepsi siswa sekolah dasar terhadap konsep daur hidup hewan. Konsepsi siswa terhadap konsep daur hidup hewan yang dideskripsikan yaitu konsepsi tentang penegrtian daur hidup hewan macam-macam daur hidup hewan dan contoh-contoh daur hidup hewan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan jenis deskriptif. Dilakukan di SDN Mergosono 1 Malang. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas IV semester 2 yang telah mendapatkan materi daur hidup hewan. Data penelitian berupa konsepsi siswa dan pendapat guru terhadap konsepsi yang dimiliki siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket wawancara dan dokumentasi. Intrumen yang diguankan untuk mengumpulkan data yaitu peneliti sendiri. Langkah-langkah analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan diperoleh fakta adanya konsepsi yangdimiliki siswa yang sudah benar secara ilmiah dan belum benar secara ilmiah. Konsepsi siswa terhadap pengertian daur hidup hewan sebagaian besar (53 85%) belum sesuai dengan konsepsi ilmuwan atau benar secara ilmiah. Konsepsi siswa pada macam-macam daur hidup hewan hampir keseluruhan (81 54%) masih belum sesuai dengan konsepsi ilmuwan atau belum benar secara ilmiah. Konsepsi siswa yang sudah benar secara ilmiah paling banyak ditemukan pada contoh-contoh daur hidup dengan metamorfosis yaitu hampir seluruh siswa sudah memiliki konsepsi yang benar pada contoh metamorfosis sempurna dan sebagian besar siswa sudah memiliki konsepsi yang benar secara ilmiah pada contoh metamorfosis tidak sempurna. Sedangkan pada contoh daur hidup tanpa metamorfosis hanya sebagian kecil yang memiliki konsepsi yang benar secara ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsepsi siswa terhdapa konsep daur hidup hewan yaitu penegrtian macam-macam dan contoh- ii contoh daur hidup hewan secara keseluruhan belum benar secara ilmiah. Ditemukan kesalahan konsepsi terbesar tentang macam-macam daur hidup hewan. Konsepsi siswa tentang pengertian daur hidup hewan kesalahan terbanyak siswa menyamaartikan daur hidup hewan dengan metamorfosis. Konsepsi yang tidak benar secara ilmiah merupakan hasil belajar dikelas yang masih kurang dalam pemanfaatan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6978

Actions (login required)

View Item View Item