Analisis muatan nilai-nilai karakter dalam buku siswa kelas III Sekolah Dasar revisi 2018 semester 1 / Nurfauziah

Nurfauziah (2019) Analisis muatan nilai-nilai karakter dalam buku siswa kelas III Sekolah Dasar revisi 2018 semester 1 / Nurfauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Nurfauziah. 2019. Analisis Muatan Nilai ÔÇô Nilai Karakter dalam Buku Siswa Kelas III Sekolah Dasar Revisi 2018 Semester 1. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Putri Mahanani, S.Pd, M.Pd, (2) Dra. Nihayati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Nilai ÔÇô nilai Karakter, Buku Siswa, Sekolah Dasar Tujuan pendidikan nasional telah mencakup pendidikan karakter. Nilai-nilai karakter perlu termuat dalam buku ajar, salah satu buku ajar cetak berupa buku siswa kelas III sekolah dasar revisi 2018 semester 1. Buku siswa tersebut merupakan buku ajar yang baru di revisi dan diterbitkan oleh Kemendikbud pada tahun ajaran 2018/2019 untuk digunakan dalam pembelajaran kelas III semester 1. Adanya permasalahan berdasarkan hasil penelitian terdahulu mengenai muatan nilai-nilai karakter pada buku ajar Sekolah Dasar yang belum memuat nilai-nilai karakter pada tiap bagian buku yang penyebarannya belum merata. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang termuat dalam bagian buku seperti bagian informasi pendukung dan tagihan kerja buku siswa kelas III sekolah dasar revisi 2018 semester 1. Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan dari 5 nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang termuat dalam kontrak standar isi kurikulum 2013, buku siswa kelas III sekolah dasar revisi 2018 semester 1 telah memuat semua nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang meliputi religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) itu telah termuat dalam setiap bagian unsur bahan ajar, namun dengan banyak muatan yang berbeda di setiap bagian. Dari 753 temuan muatan nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) terdapat pada bagian informasi pendukung sebanyak 355 temuan dan pada bagian tagihan kerja sebanyak 398 temuan. Di antara temuan-temuan tersebut, terdapat muatan nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang tidak mencerminkan nilai-nilai gotong royong dan integritas. Atas dasar temuan penelitian yang diperoleh, maka disarankan bagi pendidik untuk menganalisis terlebih dahulu muatan nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada buku ajar yang akan digunakan, bagi penulis buku siswa kelas III sekolah dasar revisi 2018 semester 1 dapat melakukan revisi terhadap beberapa istilah yang kurang relevan dalam buku. Selain itu, bagi peneliti lain disarankan untuk mengembangkan cakupan penelitian yang lebih luas dengan menggunakan metodologi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6968

Actions (login required)

View Item View Item