Analisis nilai-nilai karakter pada sastra anak berjenis legenda / Sibthi Aida Nahar

Nahar, Sibthi Aida (2019) Analisis nilai-nilai karakter pada sastra anak berjenis legenda / Sibthi Aida Nahar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Sibthi, Aida Nahar. 2018. Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Sastra Anak Berjenis Legenda. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Muchtar, S.Pd, M.Si., (II) Drs. Imam Nawawi., M.Si. Kata Kunci: Nilai Karakter, Sastra Anak Bejenis Legenda. Legenda sebagai salah satu sastra anak, dapat digunakan dalam menanamkan nilai-nilai karakter yang yang dapat digunakan sebagai pedoman bagi manusia untuk bertindak. Legenda memuat nilai-nilai karakter yang dapat digunakan anak untuk memecahkan masalah dan pedoman dalam berperilaku. Ketika siswa membaca cerita legenda, siswa dapat menginternalisasikan nilai-nilai karakter luhur dengan mengambil contoh sikap dan sifat tokoh yang ada dalam cerita, dan alur cerita dari legenda yang dapat menjadi bekal mereka ketika dewasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian narasi. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen. Kegiatan analisis data dimulai dari mengorganisasikan data, mengeksplorasi dan mengkode data, membangun deskripsi, mempresentasikan dan melaporkan temuan data, menginterpretasi temuan, dan memvalidasi keakuratan temuan. Berdasarkan analisis yang dilakukan, menunjukkan bahwa : (1) Nilai karakter religius, nasionalis, gotong royong, dan integritas muncul dalam tema sastra anak berjenis legenda, (2) Nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas muncul dalam alur sastra anak berjenis legenda, (3) Nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas muncul dalam tokoh penokohan sastra anak berjenis legenda, (4) Nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas muncul dalam latar sastra anak berjenis legenda, (5) Nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, dan gotong royong muncul dalam amanat sastra anak berjenis legenda, (6) Nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas muncul dalam sudut pandang sastra anak berjenis legenda Berdasarkan hasil analisis di atas, peneliti memberi saran bagi: (1)Bagi sekolah untuk melakukan pengadaan buku sastra anak dalam pembentukan karakter, serta menggunakan bacaan sastra anak dalam gerakan literasi sekolah, (2) pemerintah untuk mengakaji kembali subnilai yang termuat dalam nilai utama. Subnilai persahabatan tidak senantiasa masuk dalam nilai nilai religius, subnilai disiplin tidak senantiasa masuk dalam nilai nasionalis, subnilai menghargai tidak senantiasa masuk dalam nilai gotong royong, (3) peneliti lain untuk melakukan penelitian sejenis dan lanjutan dengan fokus penelitian yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6967

Actions (login required)

View Item View Item