Penerapan gerakan literasi baca tulis pada kelas tinggi di SDN Bumiayu 2 Malang / Nur Hidayati

Hidayati, Nur (2019) Penerapan gerakan literasi baca tulis pada kelas tinggi di SDN Bumiayu 2 Malang / Nur Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Hidayati, Nur. 2019. Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Baca Tulis Pada Kelas Tinggi di SDN Bumiayu 2 Malang. Skripsi Program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Agus Tri Widjaja, M.Pd., (II) Dra. Nur Hanifah, M.Pd. Kata Kunci: Penerapan, Gerakan Literasi, Sekolah Dasar Literasi adalah kemampuan dalam mengakses, memahami, dan memaknai informasi yang diperoleh dari berbagai sumber serta dapat menggunakannya dalam kehidupan dengan bijak. Literasi diperlukan sebagai upaya mengembangkan pengetahuan dan kemampuan dalam mempersiapkan diri menghadapi berbagai persoalan di masa mendatang. Mengingat pentingnya literasi, Pemerintah mengeluarkan peraturan tentang penerapan program Gerakan Literasi Sekolah yang termuat dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015. Permendikbud tersebut dibuat sebagai upaya untuk menumbuhkan warga sekolah yang literat. Salah satu penerapan Gerakan Literasi Sekolah yaitu pelaksanaan literasi baca tulis di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kesesuaian literasi baca tulis yang diterapkan di sekolah dengan penerapan yang dianjurkan oleh pemerintah. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan gerakan literasi sekolah baca tulis pada kelas tinggi di SDN Bumiayu 2 Malang; (2) Mendeskripsikan penyediaan sarana prasarana pendukung gerakan literasi sekolah baca tulis pada kelas tinggi di SDN Bumiayu 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data pelaksanaan literasi dan data penyediaan sarana prasarana pendukung literasi. Data tersebut bersumber dari siswa kelas IV A dan V, guru kelas IV A dan V, serta kepala sekolah. Data yang telah diperoleh tersebut kemudian diuji keabsahannya menggunakan uji kredibilitas dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SDN Bumiayu 2 Malang belum optimal. Hal ini dilihat dari dua segi yaitu pelaksanaan literasi dan penyediaan sarana prasarana literasi. Pada pelaksanaan literasi terdapat dua kriteria yang belum terpenuhi yaitu pelaksanaan jadwal literasi setiap hari dan suasana kegiatan literasi yang menyenangkan. Sedangkan pada penyediaan sarana prasarana literasi, sekolah mengalami keterbatasan dalam pengadaan dan pengelolaan sarana perpustakaan, area baca, dan sudut baca kelas yang ideal. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar sekolah melakukan kegiatan dan jadwal literasi sesuai dengan yang dianjurkan oleh pemerintah yang tercantum dalam buku panduan GLS Sekolah Dasar. Selain itu, sekolah juga perlu melakukan pembenahan dalam penyediaan dan pengelolaan sarana prasarana pendukung literasi agar setiap kegiatan yang direncanakan dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6966

Actions (login required)

View Item View Item