Nilai-nilai Pancasila pada ekstrakurikuler karawitan di SDN Sumbersari 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Ainun Ega Fadhilah

Fadhilah, Ainun Ega (2019) Nilai-nilai Pancasila pada ekstrakurikuler karawitan di SDN Sumbersari 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Ainun Ega Fadhilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Fadhilah, Ainun Ega. 2019. Nilai-Nilai Pancasila pada Estrakurikuler Karawitan di SDN Sumbersari 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Muchtar, S.Pd, M.Si., (II) Drs. M. Imron Rosyadi SY., S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Nilai Pancasila, Ekstrakurikuler, Karawitan. Pengembangan pelaksanaan nilai Pancasila diimplementasikan melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Melalui ekstrakurikuler karawitan dengan mengimplementasikan nilai Pancasila di luar jam intrakurikuler dan kokurikuler. SDN Sumbersari 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang telah mengimplementasikan nilai Pancasila, salah satunya dikegiatan ekstrakurikuler karawitan. Masalah yang masih terlihat yaitu banyak peraturan yang masih dilanggar oleh siswa. Hasil penelitian sebelumnya pada sekolah lain menemukan beberapa nilai karakter yang identik dengan nilai Pancasila termuat pada ekstrakurikuler karawitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai Pancasila, faktor pendukung dan faktor penghambat pengembangan pelaksanaan nilai Pancaila di SDN Sumbersari 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif bersikap deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi ini menemukan bahwa esktrakuikuler karawitan memuat nilai-nilai Pancasila tertentu dikegiatannya. Nilai Pancasila yang termuat dalam pelaksanaan ekstrakurikuler karawitan sebanyak 29 nilai Pancasila, yang meliputi 10 nilai keTuhanan, 6 nilai kemanusiaan, 5 nilai persatuan, 1 nilai kerakyatan dan 7 nilai keadilan. Faktor pendukung pengembangan pelaksanaan nilai Pancasila pada kegiatan ekstrakurikuler karawitan, yaitu faktor internal yang meliputi faktor kesehatan dan faktor minat. Sedangkan pada faktor eksternal yang meliputi faktor dukungan keluarga, faktor sarana prasarana dari sekolah, dan faktor kegiatan siswa dalam masyarakat. Faktor penghambat pengembangan pelaksanaan nilai Pancasila pada kegiatan ekstrakurikuler karawitan, yaitu faktor internal yang meliputi faktor kesehatan dan faktor minat. Sedangkan faktor ekstrenal meliputi faktor sarana prasarana dari sekolah. Berdasarkan penelitian di atas, peneliti menyarankan terkait nilai-nilai Pancasila faktor pendukung dan faktor penghambat pada ekstrakurikuler karawitan, bagi sekolah untuk memberikan sarana dan prasarana yang lebih baik kualitasnya, dan menyediakan tambahan guru ekstrakurikuler karawitan. Bagi Kepala Sekolah untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan ekstrakurikuler karawitan. Bagi guru ekstrakurikuler karawitan untuk membuat progam kegiatan ekstrakurikuler di awal semester, lebih menanamkan nilai-nilai Pancasila, dan memberikan pendampingan bagi siswa yang masih membutuhkan pembinaan. Bagi peneliti lain, untuk mengembangkan penelitian terkait dengan fokus dan cakupan yang lebih luas dengan menggunakan metedologi penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6965

Actions (login required)

View Item View Item