Mufida, Ellyana (2019) Hubungan antara tingkat keseringan membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN se-gugus III Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan / Ellyana Mufida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mufida Ellyana. 2019. Hubungan Antara Tingkat Keseringan Membaca Dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Se-Gugus III Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ratna Trieka Agustina S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd. Kata Kunci Tingkat Keseringan Membaca Keterampilan Menulis Karangan Narasi. Membaca dan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang sangat penting di dunia pendidikan. Proses kegiatan belajar mengajar akan berjalan dengan baik apabila didukung dengan kegemaran siswa untuk membaca dan keterampilan siswa dalam menulis. Berdasarkan hasil observasi siswa kelas V di SDN Sengon 1 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan dalam kegiatan membaca masih terdapat siswa yang tidak konsentrasi ketika terdapat kegiatan membaca. Selain itu dalam kegiatan menulis terdapat keberagaman hasil tulisan siswa dalam menulis karangan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat tingkat keseringan membaca siswa kelas V SDN Se-Gugus III Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasurusn (2) mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Se-Gugus III Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan dan (3) mendeskripsikan hubungan antara tingkat keseringan membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Se-Gugus III Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Se-Gugus III Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Peneliti mengambil sampel sebesar 30% dari 244 siswa sehingga sampel sebesar 73 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket tingkat keseringan membaca dan tes keterampilan menulis karangan narasi beserta pedoman penilaian hasil menulis karangan narasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat tingkat keseringan membaca siswa kelas V SDN Se-Gugus III Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan berada pada kategori cukup atau sedang yaitu sebesar 69 95% (2) tingkat keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Se-Gugus III Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan berada pada kategori cukup atau sedang yaitu sebesar 65 32% dan (3) terdapat hubungan yang positif atau signifikan antara tingkat keseringan membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Se-Gugus III Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan hal ini dibuktikan dengan rxy 0 544 lebih besar dari rtabel sebesar 0 300 pada taraf signifikansi 1% dengan n 73. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Se-Gugus III Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Diharapkan sekolah guru dan orang tua dapat meningkatkan kebiasaan membaca siswa seperti melengkapi fasilitas berupa buku yang menarik agar keterampilan siswa dalam menulis dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Mar 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6964 |
Actions (login required)
View Item |