Pola asuh ayah pada keluarga tenaga kerja wanita dalam membina karakter anak kelas V SD Negeri 2 Tumpakrejo Kabupaten Malang / Mohammad Zainun Nafis

Nafis, Mohammad Zainun (2019) Pola asuh ayah pada keluarga tenaga kerja wanita dalam membina karakter anak kelas V SD Negeri 2 Tumpakrejo Kabupaten Malang / Mohammad Zainun Nafis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

viii RINGKASAN Nafis, Mohammad Zainun. 2018. Pola Asuh Ayah pada Keluarga Tenaga Kerja Wanita dalam Membina Karakter Anak Kelas V SD Negeri 2 Tumpakrejo Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sutarno, M.Pd, (II) Dra. Nihayati, M.Pd. Kata kunci: Pola Asuh Ayah, Tenaga Kerja Wanita, Pembinaan Karakter. Wanita yang telah menikah juga bekerja sudah umum terjadi, termasuk di Indonesia fenomena ibu bekerja lebih banyak bertujuan meringankan beban rumah tangga. Ayah yang menjadi satu-satunya orang tua yang membina karakter anaknya, yang idealnya dilakukan bersama ibu. Fenomena yang terjadi di SD Negeri Tumpakrejo 02 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang, 23 dari 68 siswa merupakan anak dari keluarga TKW dan diasuh oleh ayahnya. Siswa tersebut cenderung terlambat masuk ke sekolah, mencontek, dan jarang dapat menyelesaikan masalahnya sendiri. Dengan permasalahan karakter siswa pada keluarga TKW yang diasuh oleh Ayahnya dan situasi yang terjadi di SN Negeri 2 Tumpakrejo tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif dengan Jenis penelitin deskriptif yang digunakan yaitu menjabarkan pola asuh Ayah pada keluarga TKW dalam membina karakter anaknya, serta profil karakter siswa yang muncul sebagai dampak dari pola asuh yang diterapkan ayah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan pengecekan anggota, perpanjangan waktu pengamatan dan triangulasi sumber. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Siswa yang diasuh dengan pola asuh demokratis cenderung memiliki karakter disiplin, kreatif, dan mandiri yang tinggi. Siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter cenderung memiliki karakter disiplin tinggi dan cukup pada karakter mandiri, namun rendah pada karakter kreatif. Siswa yang diasuh dengan pola asuh permisif cenderung memiliki disiplin dan kreatif yang rendah, namun karakter mandiri yang tinggi. (2) Karakter mandiri yang tinggi dibina oleh ayah dengan pola asuh demokratis dan otoriter, sedangkan kurang mandiri dengan pola asuh permisif. Karakter kreatif siswa yang tinggi dibina oleh ayah melalui pola asuh demokratis. Karakter mandiri siswa yang tinggi dibina dengan pola asuh demokratis, sedangkan sedang dengan pola asuh otoriter. Berdasarkan kesimpulan tersebut, peneliti memberi saran: (1) Pola asuh yang sebaiknya digunakan oleh ayah keluarga TKW di SD Negeri 2 Tumpakrejo dalam membina karakter siswa yang paling baik adalah menggunakan pola asuh demokratis., (2) Karakter siswa SD Negeri 2 Tumpakrejo dalam keluarga TKW dipengaruhi oleh penggunaan pola asuh ayah, sehingga untuk dapat membina karakter disiplin, kreatif, dan mandiri siswa dengan baik, siswa-siswa dengan perlu dibina karakternya dengan pola asuh demokratis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6961

Actions (login required)

View Item View Item