Setyaningsih, Reni (2019) Pengembangan media pembelajaran diorama kekayaan sumber energi di Indonesia pada kelas IV sekolah dasar / Reni Setyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Setyaningsih Reni. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Kekayaan Sumber Energi Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Achmad Badawi S.Pd. M.Pd (II) Drs. Dimyati S.Pd. M.Pd Kata Kunci Media Pembelajaran Diorama Kelas IV Sekolah Dasar Media pembelajaran merupakan alat bantu untuk menyampaikan isi pembelajaran. Berdasarkan analisis kebutuhan dan tujuan pada penelitian dan pengembangan ini berdasarkan wawancara yang dilakukan pada tanggal 15 Oktober 2018 dengan guru kelas IV. Hasil wawancara menunjukkan bahwa ketika guru tidak menggunakan media pembelajaran siswa kurang memahami materi yang disampaikan. Persoalan lain yang ditemukan yaitu guru tidak memiliki media pembelajaran tematik yang dapat menunjang pembelajaran di kelas. Selain itu materi yang berada di semester ganjil yaitu Tema 2 diajarkan kembali pada semester genap Tema 9 dengan kedalaman materi yang berbeda. Penelitian ini mengembangkan diorama yang dilengkapi dengan roda dan baterai. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran diorama yang valid/ layak efektif dan menarik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Dick Carey. Diorama dapat digunakan untuk muatan IPA IPS dan PKN. Media pembelajaran diorama yang dikembangkan berukuran 80 cm x 80 cm yang di dalamnya berisi berbagai macam komponen seperti laut kapal pasir batu tumbuhan hewan manusia pertambangan perkebunan hutan aliran dari sungai menuju ke laut mobil jalan lampu rumah jembatan aktivitas manusia dan kincir air. Diorama juga dilengkapi dengan roda agar dapat diputar dan dilihat dari segala sisi dengan mudah. Diorama juga dilengkapi dengan baterai agar kincir dapat berputar dan lampu menyala. Berdasarkan evaluasi formatif kepada ahli media pembelajaran diperoleh persentase 85 7%. Dari ahli isi pembelajaran diperoleh persentae 95 4%. Uji coba kepada pengguna guru ketika uji coba pertama diperoleh persentase 88 3%. Uji coba kepada pengguna guru ketika uji coba kedua diperoleh persentase 93 3%. Kemudian uji coba pertama pada 6 siswa diperoleh persentase 91 6% dan uji coba kedua yang berjumlah 19 diperoleh persentase 92 4%. Perbedaan hasil belajar pre-tes dan pos-tes menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa meningkat 36 8%. Diorama ini dapat dijadikan penunjang ketika pembelajaran berlangsung untuk kelas IV Sekolah Dasar. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan diorama dengan cakupan lebih luas. Peneliti lain juga dapat menambahkan muatan Bahasa Indonesia dan SBdP.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Mar 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6960 |
Actions (login required)
View Item |