Pengembangan modul pembelajaran tema panas dan perpindahannya subtema suhu dan kalor berbasis literasi untuk siswa kelas V semester genap sekolah dasar / Nandia Luxmawati

Luxmawati, Nandia (2019) Pengembangan modul pembelajaran tema panas dan perpindahannya subtema suhu dan kalor berbasis literasi untuk siswa kelas V semester genap sekolah dasar / Nandia Luxmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Luxmawati, Nandia. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Tema Panas dan Perpindahannya Subtema Suhu dan Kalor Berbasis Literasi untuk Siswa Kelas V Semester Genap Sekolah. Skripsi. Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suhartono, S.Pd., M.Pd., (II) Dra. Sri Estu Winahyu, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan Modul, Berbasis Literasi. Pengembangan modul pembelajaran Tema Panas dan Perpindahannya Subtema Suhu dan Kalor Berbasis Literasi untuk siswa kelas V semester genap sekolah dasar yang dilakukan di SDN Bunulrejo 1 Malang, merupakan salah satu solusi untuk memecahkan permasalahan yang ditemukan, yaitu (1) Siswa kesulitan mengerjakan soal di buku siswa karena isi di dalam buku siswa tidak menjelaskan secara rinci; (2) Buku guru hanya menjelaskan tentang langkah-langkah proses pembelajaran dan teknik penilaian; (3) Kegiatan literasi hanya megandalkan teks bacaan yang terdapat pada buku siswa. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan produk berupa modul pembelajaran Tema Panas dan Perpindahannya Subtema Suhu dan Kalor Berbasis Literasi untuk siswa kelas V semester genap sekolah dasar yang valid menurut ahli materi, ahli media, pengguna dan efektif digunakan untuk siswa kelas V sekolah dasar. Modul pembelajaran ini dibuat menarik dengan menyisipkan literasi baca-tulis agar siswa dapat menambah pengetahuan dan siswa mempunyai komunikasi yang baik. Sehingga, diharapkan dapat membantu siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskripsi kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor validator ahli materi, ahli media dan pengguna (guru dan siswa) serta hasil pre test dan post test. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar dari validator ahli. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu modifikasi model Dick & Carey tediri dari; (1) identifikasi tujuan; (2) analisis pembelajaran; (3) analisis siswa dan konteks; (4) merumuskan tujuan kinerja; (5) mengembangkan instrumen penilaian; (6) mengembangkan strategi pembelajaran; (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran; (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif; (9) melaksanakan revisi. Berdasarkan hasil evaluasi formatif dari validator ahli diperoleh kesimpulan bahwa modul pembelajaran tema Panas dan Perpindahannya Subtema Suhu dan Kalor Berbasis Literasi untuk Siswa Kelas V Semester Genap Sekolah Dasar telah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, modul juga memenuhi kriteria efektif karena terjadi peningkatan hasil pre test dan post test. Hasil pre test siswa yaitu 41,6%, sedangkan hasil post test siswa 83,3%. Saran yang dapat disampaikan yaitu guru dapat menggunakan penunjang bahan ajar lainnya untuk menunjang bahan ajar utama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6959

Actions (login required)

View Item View Item