Pengaruh media realia terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas III SD negeri se-kota Malang tahun ajaran 2018/2019 / Elma Fadhila

Fadhila, Elma (2019) Pengaruh media realia terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas III SD negeri se-kota Malang tahun ajaran 2018/2019 / Elma Fadhila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fadhila, Elma. 2019. Pengaruh Media Realia Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SD Negeri Se-Kota Malang Tahun Ajaran 2018/2019.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suhartono, S.Pd., M.Pd., (II) Dra. Sri Estu Winahyu, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Media Realia, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Media realia yaitu benda nyata yang dapat dilihat, didengar yang masih berada dalam keadaan utuh yang dapat membentuk pengalaman belajar siswa secara langsung. Media realia dapat berbentuk dua dimensi ataupun tiga dimensi yang termasuk kedalam jenis media visual. Penggunaan media dimaksudkan agar peserta didik yang terlibat dalam kegiatan belajar terhindar dari gejala verbalisme, yakni mengetahui kata-kata yang disampaikan guru tetapi tidak memahami maknanya. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pengaruh hasil belajar pada siswa kelas III dengan menggunakan media realia pada pembelajaran 1 subtema 1 Olahraga Tradisional di SD Negeri Kota Malang Tahun Ajaran 2018/2019. 2) Untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran 1 tema 5 Permainan Tradisional subtema 1 Olahraga Tradisional dengan menggunakan media realia dan tanpa media realia di SD Negeri Kota Malang Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian eksperimen kuasi ini menggunakan rancangan pre- test and post-test design (desain pra- dan pasca-tes) atau disebut juga nonequivalent control group design (desain kelompok kontrol nonekuivalen). Pengujian hipotesis digunakan uji t manual, α = 0,05 dan derajat kebebasan = banyaknya sampel kelas pembelajaran media realia (n1) + banyaknya sampel kelas pembelajaran konvensional (n2) - 2 = 23 + 28 ÔÇô 2 = 49. Kesimpulan dari hasil uji hipotesis adalah ada pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar pada tingkat kepercayaan 95% dengan dk=49. Pengaruh dilihat uji beda pada hasil belajar post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan uji bda t terhadap selisih (gain) post-test-pre-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menghasilkan hasil bahwa ada perbedaan hasil belajar dengan penggunaan media realia dan hasil belajar dengan pembelajaran konvensonal secara signifikan pada tingkat kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6956

Actions (login required)

View Item View Item