Kemampuan siswa kelas IV dalam menemukan nilai-nilai moral pada dongeng di SDN Bareng 3 Kota Malang / Juwita Ari Ningsun

Ningsun, Juwita Ari (2019) Kemampuan siswa kelas IV dalam menemukan nilai-nilai moral pada dongeng di SDN Bareng 3 Kota Malang / Juwita Ari Ningsun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ningsun, Juwita Ari. 2019. Kemampuan Siswa Kelas IV dalam Menemukan Nilai-Nilai Moral pada Dongeng di SDN Bareng 3 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Muchtar, S.Pd, M.Si, (II) Dra. Ratna Trieka Agustina, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Kemampuan Siswa Kelas IV SD, Nilai-Nilai Moral, Dongeng Nilai-nilai moral merupakan pembahasan mengenai baik buruknya tindakan manusia berdasarkan norma-norma yang berlaku. Dongeng dapat menjadi pilihan dalam usaha memperbaiki degradasi nilai-nilai moral. Dongeng merupakan repesentasi nilai-nilai moral dan kumpulan budi pekerti yang tersaji dengan plot yang terencana. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai kemampuan siswa dalam menemukan nilai-nilai moral pada dongeng. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menemukan nilai-nilai moral yang terdapat pada tema, tokoh, latar, amanat, sudut pandang, dan alur dongeng. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini berasal dari hasil wawancara terstruktur dan hasil tes tertulis siswa kelas IV dalam menemukan nilai-nilai moral pada dongeng. Alat untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis. Tes tertulis dikembangkan berdasarkan dongeng yang disajikan oleh peneliti. Dongeng yang digunakan dalam penelitian ini berjenis parabel dengan judul ÔÇ£Raja CendolÔÇØ. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap sampel sabanyak 78 siswa kelas IV di SDN Bareng 3 Kota Malang diperoleh beberapa kesimpulan, yaitu (1) 67 siswa mampu menemukan 2 nilai moral pada tema; (2) 35 siswa mampu menemukan 3 nilai moral pada tokoh; (3) 50 siswa mampu menemukan 1 nilai moral pada latar; (4) 59 siswa mampu menemukan 1 nilai moral pada amanat; (5) 33 siswa mampu menemukan 1 nilai moral pada sudut pandang, (6) 57 siswa mampu menemukan 1 nilai moral alur. Semakin banyak nilai-nilai moral yang disajikan dalam sebuah dongeng, semakin beragam kemampuan siswa dalam memaknai dan membangun pengetahuan siswa akan pemahaman mengenai nilai-nilai moral. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru untuk dapat menyediakan bahan bacaan yang dapat menyajikan gambaran mengenai baik buruknya tindakan seseorang, seperti halnya yang tersaji dalam dongeng ÔÇ£Raja CendolÔÇØ. Dongeng dapat menjadi salah satu cara guru untuk menanamkan pengetahuan mengenai nilai-nilai moral sehingga siswa dalam mengkonstruksi pengetahuannya yang akan berimbas pada perasaan dan tindakan moralnya. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi dasar peneliti selanjutnya untuk mengembangkan wawasannya dalam mengukur kemampuan siswa dalam menemukan nilai-nilai moral dan menggunakan populasi yang lebih banyak agar mendapatkan data yang lebih spesifik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6955

Actions (login required)

View Item View Item