Analisis soal penilaian tengah semester ganjil muatan pembelajaran bahasa Indonesia yang tergolong level HOTS di kelas IV se-kecamaan Kedungkandang Kota Malang / Hilda Ayu Chamidah

Chamidah, Hilda Ayu (2019) Analisis soal penilaian tengah semester ganjil muatan pembelajaran bahasa Indonesia yang tergolong level HOTS di kelas IV se-kecamaan Kedungkandang Kota Malang / Hilda Ayu Chamidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Chamidah, Hilda Ayu. 2019. Analisis Soal Penilaian Tengah Semester Ganjil Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Tergolong Level HOTS di Kelas IV Se-Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ratna Trieka Agustina, S.Pd., M.Pd. (II) Drs. M. Imron Rosyadi, SY., S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Penilaian Tengah Semester (PTS), Bahasa Indonesia, HOTS Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Penilaian sangat terpaut dengan pembelajaran dan kurikulum, ketiganya saling berkontribusi dalam melancarkan tujuan pendidikan dan biasanya dapat diaplikasikan dalam bentuk soal yang bervariasi. Hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil penilaian guru terhadap tes yang dijawab oleh peserta didik, sehingga instrumen penilaian yang dibuat pun harus dapat mengukur dimensi pengetahuan, faktual dan konseptual seorang peserta didik. Berdasarkan dua penelitian sebelumnya, mendapatkan hasil bahwasanya soal yang berkategori HOTS masih sangat rendah. Oleh karena itu, peneliti ingin bermaksud untuk meneliti kembali mengenai HOTS dengan objek yang berbeda. Objek atau sasaran pada penelitian ini difokuskan pada soal PTS muatan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan soal penilaian tengah semester ganjil muatan pembelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan karakteristik tipe HOTS pada kategori analisis (C4), evluasi (C5), dan kreasi (C6) pada kelas IV SDN Se-Kecamatan Kedungkandang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis dekriptif dan teknik studi dokumentasi. Populasi data sejumlah 153 butir soal dengan sampel data sejumlah 60 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal PTS muatan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV se-Kecamatan Kedungkandang terdapat 10 butir soal yang sesuai dengan tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). Soal terbanyak terdapat pada tingkatan kreasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru untuk menambah cakupan jumlah soal yang tingkatan analisis dan tingkatan evaluasi. Saran untuk kepala sekolah untuk mengadakan kegiatan yang dapat menunjang pemahamn guru terhadap soal yang bertipe HOTS. Saran untuk peneliti lain atau peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai penambah wawasan dan dapat mengembangkan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6954

Actions (login required)

View Item View Item