Pengembangan bahan pembelajaran CD interaktif subtema 8.2 keunikan daerah tempat tinggalku pembelajaran 3 untuk kelas IV Sekolah Dasar / Fariz Firmansyah

Firmansyah, Fariz (2019) Pengembangan bahan pembelajaran CD interaktif subtema 8.2 keunikan daerah tempat tinggalku pembelajaran 3 untuk kelas IV Sekolah Dasar / Fariz Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firmansyah, Fariz. 2018. Pengembangan Bahan Pembelajaran Cd Interaktif Subtema 8.2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 3 Untuk Kelas Iv Sekolah Dasar, Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Sukamti, M.Pd.(II) Drs. Syaiful Imam, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Bahan Pembelajaran, CD interaktif, Keunikan Daerah Tempat Tinggalku, Sekolah Dasar Guru wajib memiliki beberapa kompetensi inti. Salah satu kompetensi tersebut yaitu kompetensi profesional yang mewajibkan guru untuk mengembangkan isi pembelajaran secara kreatif dan memanfaatkan teknologi informasi serta komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri, salahsatunya menggunakan bahan pembelajaran interaktif. Berdasarkan hasil observasi di SDN Bunulrejo 2 Kota Malang sudah menggunakan pembelajaran komputer namun kurang dimanfaatkan dalam penyusunan bahan pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut . Penelitian ini mengembangkan bahan pembelajaran CD interaktif Subtema 8.2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku pembelajaran 3 untuk kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan untuk (1) Menghasilkan produk pengembangan pembelajaran berupa bahan pembelajaran Pengembangan Bahan Pembelajaran CD Interaktif Tema 8.2 Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 3 Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. (2) Melakukan evaluasi formatif terhadap bahan pembelajaran CD Interaktif Tema 8.2 Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 3 Untuk Kelas IV Sekolah Dasar sebagai bahan pembelajaran yang layak digunakan. Serta untuk meningkatkan semangat serta hasil belajar siswa. Penelitian & Pengembangan yang dilakukan menggunakan model menurut Dick & Carey. Langkah-langkah Penelitian yang dilakukan antara lain, analisis kebutuhan dan tujuan, analisis pembelajaran, analisis pebelajar dan konteks, memilih dan menentukan KD yang sesuai dengan tema dan subtema, mengembangkan matriks bahan pembelajaran, mengembangkan story board bahan pembelajaran, mengembangkan produk awal bahan pembelajaran, merancang dan melakukan evaluasi formatif, melakukan revisi produk berdasarkan evaluasi formatif, produk akhir. Hasil Penelitian yang dilakukan berupa produk CD interaktif pada subtema 8.2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku pembelajaran 3untuk kelas IV Sekolah Dasar berdasarkan ahli media pembelajaran diperoleh rata-rata persentase nilai 78,12%. Dari ahli isi pembelajaran diperoleh persentase nilai 77,89%. Dari ahli pengguna (guru) mendapatkan persentase nilai ,40%. Dari Uji Peseorangan diperoleh persentase nilai 89,17%. Dari Hasil Uji lapangan menunjukkan kenaikan hasil posttest dan pretest sebesar 20 poin, Dari Angket siswa diperoleh persentase 92,20%.Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa produk yan dikembangakan sangat menariik, menyenangkan, mempermudah belajar, dan layak digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk kelas IV sekolah Dasar. Produk bahan pembelajaran CD interaktif ini sangat layak digunakan untuk kelas IV sekolah Dasar. Diharapkan Peneliti selanjutnya dapat mengembangkan kualitas produk dan menghasilkan produk pada tema dan pembelajarn lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6952

Actions (login required)

View Item View Item